Cristiano Ronaldo Absen, Joao Felix Jadi Bintang Kemenangan Portugal

Minggu, 06 September 2020 - 03:47 WIB
Portugal memertahankan rekor tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan di Nations League. Kepastian itu didapat setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-1 di Estadio do Dragao, Minggu (6/9/2020) dini hari WIB / Foto: Squawka
PORTO - Portugal menandai laga pembuka Grup A3 Nations League 2020/2021 dengan hasil yang memuaskan. Berhadapan melawan Kroasia di Estadio do Dragao, anak asuh Fernando Santos menang dengan skor 4-1, Minggu (6/9) dini hari WIB.

Portugal mulai menghilangkan ketergantungan pada Cristiano Ronaldo. Ya, megabintang Juventus itu terpaksa absen pada pertandingan ini lantaran mengalami masalah pada kakinya.

Kendati tidaK diperkuat Ronaldo, Santos sepertinya tak pernah kehilangan akal. Buktinya trisula Portugal, yakni Bernardo Silva, Diogo Jota, dan Joao Felix mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Tapi gol pembuka Portugal tidak lahir dari pemain depan melainkan bek kanan mereka, yakni J. Joao Cancelo pada menit 41. Skor 1-0 bertahan hingga interval pertama usai.

Di babak kedua, Portugal berhasil menambah dua gol melalui aksi Diogo Jota (56') dan Joao Felix (70'). Bernardo Silva memiliki andil besar terhadap terciptanya gol ketiga Portugal. (Baca juga: Titisan Cristiano Ronaldo Gabung Wolves, Real Madrid dan Liverpool Gigit Jari )



Silva telah memberikan assist dari tiga penampilan terakhirnya bersama Portugal. Berkat umpan akuratnya, Felix sukses mencetak gol pertamanya untuk tim senior. Catatan serupa juga dirasakan Jota. (Baca juga: Dikalahkan Bulgaria, Penampilan Timnas Indonesia Belum Istimewa )

Jika berkaca pada statistik pertandingan. Portugal sebenarnya tidak terlalu sulit untuk meladeni permainan Kroasia. Dari segi penguasaan bola tuan rumah unggul 56% berbanding 44%.

Selain itu, Portugal juga unggul dalam mengancam gawang Kroasia. Tercatat, mereka berhasil memberikan ancaman ke gawang lawan sebanyak sembilan kali, tiga di antaranya berhasil menggetarkan gawang Dominik Livakovic.

Sementara Kroasia bisa dibilang kurang begitu efektif. Pasalnya, anak asuh Zlatko Dalic hanya mampu mengancam gawang Portugal sebanyak dua kali. Satu di antaranya berhasil menggetarkan gawang tuan rumah melalui Bruno Petkovic di menit akhir.

Di pengujung laga, Andre Silva memperbesar keunggulan Portugal menjadi 4-1. Itu menjadi gol penutup di pertandingan ini. Berkat hasil positif ini, Portugal untuk sementara menduduki Grup A3 dengan raihan tiga poin.
(mirz)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More