Jejak Prestasi Lionel Messi di El Clasico

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 05:01 WIB
Warisan Messi di El Clásico sudah tak tertandingi. Meskipun begitu, ia masih memiliki beberapa rekor yang perlu dipecahkan. Presiden Kehormatan Real Madrid, Paco Gento, memenangkan 21 pertandingan El Clásico selama aktif sebagai pemain, saat ini Messi mendekat dengan mencatatkan 19 kemenangan. Ia mungkin bisa saja menyamai catatan Gento pada LaLiga Santander musim ini.

Selain mengubah sejarah El Clásico, Messi juga mengubah Barcelona



El Clásico masih menjadi partai penting mengingat pertarungan sengit antara Barcelona dan Real Madrid dalam perebutan gelar, sehingga catatan menajubkan Messi dalam pertandingan tersebut berpengaruh terhadap gelar liga. Ia merupakan pemain dengan trofi terbanyak dalam sejarah Barcelona (34 trofi), termasuk 10 LaLiga Santander dan empat Liga Champions. Penghargaan yang diraih kapten klub saat ini selama 15 tahun bersama tim utama Barça mewakili mewakili sepertiga dari semua yang dimenangkan oleh klub Catalan dalam 121 tahun sejak didirikan. Barcelona telah mencapai 91 gelar, hanya kurang satu gelar dari Real Madrid. Era Messi juga memperlihatkan bangkitnya tim dalam jumlah kemenangan, dengan Barcelona memenangkan 34 gelar dan Real Madrid 21 gelar sejak debutnya di tahun 2004.

Momen terbaik Messi di El Clásico



Sejak awal, Messi telah menikmati keberhasilan melawan Real Madrid. Pada tahun 2007, saat ia masih berusia 19 tahun, Messi mencetak tiga gol El Clásico pertamanya dalam hasil imbang 3-3, menjadikannya pemain termuda yang mencetak hattrick dalam sejarah El Clásico. Pada musim 2008/09, ia memiliki peran penting dalam kedua pertandingan di liga – mencetak gol dalam kemenangan 2-0 di Camp Nou dan mencetak dua gol dalam kemenangan 6-2 bersejarah di Bernabéu.

Pada tahun 2011, Barça and Real Madrid bertemu empat kali dalam sepekan, dengan Messi mendominasi di seluruh pertandingan. Pada tahun 2014, ia kembali mencetak tiga gol di Bernabéu, merayakannya dengan mencium lambang Barça, serta mencetak gol kemenangan di menit ke-93 di Bernabéu tahun 2017, dan melakukan selebrasi yang sangat terkenal - dengan memegang seragamnya dihadapan pendukung di Bernabeu, sebuah momen yang menjadi bagian penting sejarah modern El Clásico. (Baca Juga: Penghancur Madrid Ternyata Impikan Gabung Barcelona )

Warisan Messi di pertandingan tersebut sangat luar biasa hingga membuat pemain masa lalu harus menyatukan momen terbaik El Clásico mereka agar setara dengan Messi. Messi telah menunjukkan ia mampu melakukan olah bola seperti Ronaldinho atau Zinedine Zidane, ia mampu mencetak gol lebih banyak dari Di Stéfano, ia mampu menyamai catatan skor 5-0 seperti Johan Cruyff dan ambil bagian dalam kemenangan 6-2, ia juga mampu mencetak gol sulit layaknya Diego Maradona di tahun 1983. Catatannya, kenangannya, dan penghargaannya memastikan bahwa Messi telah menjadi sosok penting dalam rivalitas terbesar dalam sepak bola selama 15 musim LaLiga Santander terakhir. Pertandingan selanjutnya akan dilaksanakan akhir pekan ini, saat lembaran baru sang legenda akan dibuka kembali.
(bbk)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More