Undang Petenis Cantik Terduga Doping, Tennis Australia Dikecam

Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:29 WIB
Petenis Ukraina Dayana Yastremska
MELBOURNE - Tennis Australia (TA) dikecam karena mengizinkan petenis Dayana Yastremska ikut dalam penerbangan carter peserta Australia Terbuka 2021 ke Melbourne. Pasalnya, petenis berperingkat 29 dunia itu diduga menggunakan doping dan masih dalam masa skorsing dari kejuaraan tenis profesional setelah gagal tes pada 7 Januari lalu.

Badan Anti-Doping Dunia (WADA) menyatakan sampel urine milik petenis cantik asal Ukraina itu pada 24 November diduga mengandung metabolit mesterolone, testosteron sintetis. Meski begitu, Yastremska membantah telah melakukan pelanggaran, tetapi belum mengajukan banding atas penangguhan tersebut.

Baca juga : Praveen/Melati Pulangkan Wakil Denmark di Thailand Open 2021

“Saya tidak pernah menggunakan obat peningkat kinerja atau zat terlarang apa pun. Saya heran dan terkejut, terutama karena dua minggu sebelum tes ini, saya dinyatakan negatif pada acara WTA di Linz,” kata Yastremska.

Terlepas dari pernyataannya yang tidak bersalah, mantan kepala Otoritas Anti Doping Olahraga Australia Richard Ings meminta penjelasan dari TA. “Saya akan menganggap penerbangan yang didanai panitia ke turnamen sebagai aktivitas yang diselenggarakan oleh turnamen," tulis Ings di akun media sosial pribadinya.



Baca juga : Kunjungi Rumah Sakit di Madrid, Hasil Pemeriksaan Marquez Positif

Ings juga mengingatkan TA tentang Peraturan WADA nomor 10.14.1. “Status selama Ketidaklayakan atau Penangguhan Sementara. Jadi mungkin ada yang bisa menjelaskan kepada saya mengapa Yastremska naik penerbangan carter yang didanai Tennis Australia ke Australia untuk Australia Terbuka?," tanyanya.

Yastremska termasuk salah satu dari 1300 petenis dan ofisial pendukung yang ikut pesawat sewaan menuju Australia, di mana mereka akan menjalani karantina selama 14 hari sebelum tampil di Grand Slam pembuka musim 2021 yang rencananya mulai berlangsung pada 8 Februari mendatang.

Baca juga : Tanpa Rossi, Vinales Yakin Akan Ada Perbedaan di Yamaha

Menariknya, petenis termuda kedua di peringkat 30 besar dunia itu tetap masuk dalam daftar yang akan tampil di Australia Terbuka. Tetapi secara teknis, Yastremska tidak mendapatkan akreditasi.
(abr)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More