Atlet lempar cakram Sumut pecah rekor ASEAN

Rabu, 10 Oktober 2012 - 17:50 WIB
Atlet lempar cakram Sumut pecah rekor ASEAN
Atlet lempar cakram Sumut pecah rekor ASEAN
A A A
Sindonews.com - Atlet Nation Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Sumatera Utara, Alan Sastra Ginting, membuat kejutan di ajang Pekan Olahraga Nasional (Peparnas) XIV/2012. Alan berhasil memecahkan rekor ASEAN Paralympic Games sekaligus meraih medali emas kedua yang dipersembahkan kepada kontingen Sumut di cabang olahraga atletik.

Bertanding di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai Sport, Riau, Rabu (10/10), Alan yang ambil bagian di lempar cakram tuna daksa F58 putra, berhasil melakukan lemparan sejauh 44.40 m atau 40 cm lebih jauh dari pemegang rekor ASEAN Paralympic Games sebelumnya, Prayitno (Jateng) yang harus puas meraih medali perak. Sedangkan medali perunggu atas nama Murhan (Kalsel), dengan lemparan 37.16m.

Sementara itu atlet putri andalan Sumut Roslinda Manurung juga mempersembahkan medali emas dari cabor tenis meja kursi roda Kelas T5. Bertanding di Hotel Ratu Mayang Pekanbaru, Roslinda tampil menjadi yang terbaik setelah di final mengalahkan Karsilem dari Jabar 3-2. Sebelumnya ia menyisihkan Nurhaminah (DKI Jakarta).

Bagi Roslinda, ini adalah emas ketiga (hat-trick) yang diraihnya secara berturut sejak Peparnas (Porcanas) 2004 Palembang dan 2008 Kaltim. Selain medali emas dari Alan dan Roslinda, Sumut pada hari ketiga Peparnas XIV/2012 juga meraih empat medali emas lainnya, empat perak dan tiga perunggu.

Empat medali emas tersebut masing-masing disumbangkan Yudiana (cakram putri F57), Harjono Tuah Tahihoran (atletik tuna netra 800m), Suryani (lompat jauh putri F46) dan Sapura (angkat berat 40 kg putri).

Sementara dua dari empat perak Sumut Selasa kemarin, kembali disumbangkan perenang Antoni Maslim (100 m gaya dada) tuna netra putra S.13, dan Junita (200m gaya bebas) tuna daksa putri S.9. Dua medali perak lainnya via Angela Tampubolon (tolak peluru) tuna netra putrid F.57 dan Susilawati (tenis meja) tuna daksa putri T.9.

Sementara tiga perunggu seluruhnya diraih dari nomor atletik yakni Melly (200m tuna netra) T.54, Buala Zebua (lempar lembing) tuna netra F13 dan Suryani (200m putri) tuna daksa T46.
Dengan tambahan 6 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu, maka kontingen NPC Sumut sampai Selasa kemarin sudah mengumpulkan 8 medali emas, 8 perak dan 4 perunggu.

Ketua Umum KONI Sumut Gus Irawan Pasaribu didampingi Ketua Harian John Ismadi Lubis, Sekum Chairul Azmi Hutasuhut, Wakil Bendahara TP Sihombing dan Bidang Dana Sakiruddin memberi apresiasi atas perjuangan para atlet. Mereka optimis, raihan medali Sumut masih akan terus bertambah karena Sumut masih menyertakan atlet di nomor-nomor final.

Hal senada dikemukakan Ketua Kontingen Agung Sunarno dan Ketua NPC Sumut Zulkifli, bahwa Sumut berpeluang besar menambah torehan medali emas lagi. Sebab beberapa atlet andalan di cabor atletik masih belum turun bertanding. Demikian juga di cabor catur, beberapa atlet hingga Selasa kemarin memimpin perolehan angka di catur standar.

"Di nomor tenis meja kans menambah medali juga masih terbuka karena Roslinda Manurung masih akan turun di nomor campuran kursi roda dan nomor terbuka (open)," pungkas Agung diamini Zulkifli.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6240 seconds (0.1#10.140)