Everton Kuat di Kandang, Siap Tunda Lebih Lama Pesta Liverpool

Jum'at, 19 Juni 2020 - 05:05 WIB
Everton tak akan memberi hadiah kepada Liverpool saat kedua tim bentrok, Senin (22/6/2020) dini hari WIB/Foto/Mail & Guardian (mg.co.za)
LIVERPOOL - Everton tak akan memberi hadiah kepada Liverpool saat kedua tim bentrok pada pekan ke-30 Liga Primer 2019/2020 di Goodison Park, Minggu (21/6/2020) malam waktu lokal atau Senin (22/6/2020) dini hari WIB. The Toffees merancang skenario permainan yang akan membuat Liverpool menunda pesta lebih lama untuk meraih trofi liga pertama dalam 30 tahun.

Derby Merseyside ini akan menjadi spesial bagi Pasukan Juergen Klopp. Kemenangan di Goodison Park dan kemudian melawan Crystal Palace di Anfield pada Rabu (24/6/2020), akan memastikan trofi liga domestik pertama di era Liga Primer. Liverpool mengemas 82 poin dalam 29 laga, sedangkan Manchester City di peringkat 2 meraup 60 angka. ( ).

Namun, tak akan mudah bagi Liverpool menundukkan Everton di kandang, meski The Toffees kehilangan dukungan fans di Goodison Park. Pasukan Carlo Ancelotti akan berusaha keras untuk mengalahkan lawannya demi gengsi Derby.

Ancelotti mengakui, kehilangan suporter menjadi sebuah bencana bagi klub tuan rumah. Pandemi Covid-19 memaksa kompetisi sepak bola Inggris digelar di balik pintu tertutup atau tanpa penonton, sesuai protokol kesehatan. ( ).

Data dari studi Gracenote tentang 'permainan hantu' di Bundesliga Jerman 2019/2020, menunjukkan bahwa menjadi tuan rumah bukan sebuah keuntungan ketika laga digelar tertutup. Persentase kemenangan kandang anjlok dibanding jika dihelat dengan penonton.



Sebelum Bundesliga dihentikan akibat pandemi, tim tuan rumah memenangkan 43% dari 223 pertandingan yang dimainkan. Sisanya, 35% menang tandang dan 22% imbang. Sedangkan dalam 56 pertandingan hantu, kemenangan kandang anjlok hingga 21% sementara tim tamu menang 50% dan hasil imbang hingga 29%.

Everton telah memenangkan 68% dari 37 poin mereka di Goodison Park musim ini dan Ancelotti tidak terkalahkan dalam lima pertandingan di sana. "Statistik (dari Jerman) adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan," kata Ancelotti dilansir Reuters.

“Suporter di lapangan adalah pemain ke-12. Fakta bahwa Anda tidak memiliki mereka yang mendukung Anda bermain, akan membuat lebih sulit untuk tim tuan rumah."

Everton berada di urutan ke-12 klasemen dengan37 angka. Mereka belum pernah memenangkan derby Merseyside sejak Oktober 2010.
(sha)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More