4 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Tragedi Kanjuruhan

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 20:02 WIB
Menurutnya, menggelar pertandingan sore merupakan salah satu pilihan terbaik karena semakin malam pertandingan maka tingkat kesulitan untuk pengamanan juga meningkat karena keadaan gelap.

Kickoff atau mulainya pertandingan Arema vs PErsebaya pukul 20.00 WIB, dan selesainya sekitar pukul 22.00 WIB. Belum lagi proses penonton untuk meninggalkan tribun bisa memakan waktu hingga 1-2 jam. Jika hal itu terjadi maka para penonton bisa-bisa masih berkeliaran di jalanan hingga jam tengah malam.

Menurut Menko Polhukam Mahfud MD, sebelumnya sudah ada usulan kepada panitia penyelenggara terkait waktu kickoff agar diubah sore hari. Namun, pihak penyelenggara mengabaikan usulan tersebut dan tetap melaksanakannya pada malam hari.

2. Sikap suporter

Suporter atau penonton yang hadir di stadion juga menjadi pihak yang mendapat pelajaran penting setelah Tragedi Kanjuruhan terjadi. Salah satu pelajaran berharga adalah sikap dewasa dan legowo ketika menghadapi berbagai hasil pertandingan.

Kini saatnya menerima kenyataan "menang atau kalah adalah hal yang biasa dalam sebuah pertandingan". Sehingga, ke depannya suporter diharapkan sudah belajar berbesar hati dalam menyikapi situasi, terutama kekalahan.

3. Prosedur keamanan

Kemudian, pelajaran penting lainnya adalah perbaikan prosedur keamanan dalam mengantisipasi kerusuhan yang terjadi di stadion. Aspek ini tentu berkaitan dengan penggunaan gas air mata.

Mulai dari PSSI, PT LIB, Kepolisian, hingga Panpel, harus secepatnya merumuskan kembali prosedur yang tepat untuk mengantisipasi dan menangani kerusuhan di dalam stadion dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Hal ini diharapkan agar pihak keamanan maupun aparat kepolisian yang bertugas bisa memiliki prosedur tetap (protap) yang lebih manusiawi, alih-alih memberikan tekanan dan kepanikan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More