Thailand Negara Asia Tenggara Pertama yang Gunakan VAR di Liga Sepak Bola

Kamis, 19 Januari 2023 - 20:00 WIB
loading...
Thailand Negara Asia Tenggara Pertama yang Gunakan VAR di Liga Sepak Bola
Presiden FAT, Somyot Poompanmoung menyatakan bahwa VAR sudah siap digunakan pada putaran kedua Liga Thailand 2022-2023 / Foto: Makan Bola
A A A
BANGKOK - Ruang Video Assistant Referee (VAR) milik federasi sepak bola Thailand (FAT) sudah siap digunakan. Presiden FAT, Somyot Poompanmoung menyatakan bahwa VAR sudah siap digunakan pada putaran kedua Liga Thailand 2022-2023.

Beberapa petinggi FAT meninjau ruang VAR yang berlokasi di FAT Futsal and Match Operation Center, sebuah gedung yang tidak jauh dari Rajamangala Stadium. Kunjungan itu dilakukan untuk meninjau kesiapan VAR yang selama ini disimpan di sana.

Gedung tersebut memiliki delapan ruang VAR dan dapat digunakan untuk delapan pertandingan dalam waktu bersamaan. Pada kunjungan itu, hadir Presiden FAT, Somyot Poompanmoung, ditemani Sekretaris Jenderal (Sekjen) Patit Suphaphong.

BACA JUGA: Ambisi Pratama Arhan setelah Kontrak Diperpanjang Tokyo Verdy

Somyot pun menyampaikan bahwa VAR sudah siap digunakan pada putaran kedua Liga Thailand 2022-2023. Hadirnya VAR pada kompetisi tertinggi di Thailand tentu akan membuat sepak bola Negeri Gajah Putih semakin mengerikan.

"Hari ini saya datang untuk meninjau kesiapan ruangan VAR Center yang dipindahkan dari lokasi semula. Semua berbagai sistem tersebut telah diuji sehingga siap digunakan untuk putaran kedua Liga Thailand yang akan dimulai pada 21 Januari 2022 mendatang," kata Somyot dilansir Makan Bola, Kamis (19/1/2023).

Putaran kedua Liga Thailand akan dimulai pada 21 Januari 2023 mendatang. Diputuskan bahwa putaran kedua Liga Thailand akan menggunakan VAR.

BACA JUGA: Kurniawan Dwi Yulianto Bongkar Bobrok PSSI: Saya Ditodong Suara Sampai ke Toilet

Thailand pun menjadi negara Asia Tenggara pertama yang meggunakan VAR pada kompetisi mereka. Sementara itu, Malaysia dan Vietnam juga sedang mempersiapkan VAR yang ditargetkan sudah bisa digunakan dalam beberapa musim lagi.

Sementara Indonesia masih belum ada tanda-tanda akan menggunakan VAR. Boro-boro menggunakan teknologi tersebut, kompetisi tertinggi di Indonesia bahkan tidak menggunakan sistem degradasi karena Liga 2 dan Liga 3 musim ini dihentikan.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7993 seconds (0.1#10.140)