Menpora Ajak Diskusi PSSI dan PT LIB Cari Solusi Terkait Penghentian Kompetisi Liga 2

Kamis, 19 Januari 2023 - 18:00 WIB
loading...
Menpora Ajak Diskusi PSSI dan PT LIB Cari Solusi Terkait Penghentian Kompetisi Liga 2
Menpora Zainudin Amali baru saja menggelar rapat dengan Sekjen PSSI Yunus dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus di ruang rapat lantai 10, Gedung Graha Pemuda Kemenpora, Kamis (19/1/2023) / Foto: Kemenpora
A A A
JAKARTA - Menpora Zainudin Amali baru saja menggelar rapat dengan Sekjen PSSI Yunus dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus di ruang rapat lantai 10, Gedung Graha Pemuda Kemenpora, Kamis (19/1/2023). Rapat ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar segera dicarikan jalan keluar terkait kompetisi Liga 2 yang telah dihentikan oleh PSSI dan PT LIB bebarapa waktu lalu.

"Kita baru saja diskusi Seperti yang saya sampaikan bahwa setelah melihat dinamika dan perkembangan dari kompetisi Liga 2, kemudian saya mendapatkan arahan dari bapak Presiden untuk segera mencarikan jalan keluar. Karena kita tidak punya kewenangan untuk memutar kompetisi, itu ranahnya PSSI yang menugaskan pada operator pada LIB. Jadi saya bisanya mengajak diskusi supaya tidak terkesan ada intervensi dari pemerintah," kata Menpora Amali saat melakukan konferensi pers dengan wartawan.

Menpora Amali menjelaskan, kesimpulannya rapat ini yaitu Sekjen PSSI akan segera melapor kepada Ketua Umum (PSSI) dan exco untuk melakukan koordinasi. Kemudian LIB akan mengumpulkan seluruh klub Liga 2 untuk mendiskusikan hal tersebut.

BACA JUGA: Ambisi Pratama Arhan setelah Kontrak Diperpanjang Tokyo Verdy

"Karena kan kenyataannya masih terbelah, ada yang mau lanjut ada yang tidak ingin lanjut. Nah ini harus diundang semuanya, PSSI dan LIB menjelaskan situasinya, kemudian didiskusikan menjadi kesimpulan bersama. Hasil itu akan dilaporkan lagi kepada kami dan tentu itu menjadi pegangan pemerintah. Karena sekali lagi pemerintah tidak mau intervensi federasi dan operator LIB, apapun yang diputuskan oleh mereka kita akan mendukung," jelas Menpora Amali.

Menpora Amali menegaskan bahwa Presiden Jokowi sangat perhatian terhadap sepak bola. Sehingga secara langsung memberikan arahan kepada Menpora untuk secepat mungkin mencari jalan keluar agar kompetisi bergulir kembali.

"Luar biasa perhatian pak Presiden Jokowi, beliau langsung (arahan) segera secepat mungkin cari jalan keluar. Itu arahan Pak Presiden waktu saya lapor di istana. Beliau memantau, kalau Pak Presiden urusan bola kalian tahu luar biasa," katanya.

BACA JUGA: Kurniawan Dwi Yulianto Bongkar Bobrok PSSI: Saya Ditodong Suara Sampai ke Toilet

Sementara itu, Sekjen PSSI Yunus Yuni mengungkapkan bahwa hasil diskusi dengan Menpora dalam pertemuan ini menemukan progres yang positif. "Hari ini seperti apa yang disampaikan oleh pak menteri kita berdiskusi tentang mencari jalan keluar, saya mewakili PSSI dan Pak Ferry Paulus dari LIB menyampaikan bahkan melaporkan yang kemudian oleh pak menteri untuk diajak diskusi tentang perkembangan situasi khususnya di Liga 2. Dan kami berterima kasih ada proses yang positif hasil dari diskusi tadi," ungkapnya.

"Insya Allah pada hari ini saya akan laporkan kepada ketua umum dan exco tentang pelaksanaan kompetisi Liga 2. Mudah-mudahan ini menjadi bagian yang positif juga bagi sepak bola Indonesia," harapnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4218 seconds (0.1#10.140)