Josh Taylor Cedera, Duel Ulang Jack Catterall Sekali Lagi Ditunda

Minggu, 22 Januari 2023 - 11:34 WIB
loading...
Josh Taylor Cedera, Duel Ulang Jack Catterall Sekali Lagi Ditunda
Josh Taylor Cedera, Duel Ulang Jack Catterall Sekali Lagi Ditunda/BBC
A A A
Juara dunia tinju Josh Taylor cedera membuat rencana duel ulang dengan Jack Catterall sekali lagi mengalami penundaan. BoxingScene.com mengkonfirmasi, Josh Taylor dari Skotlandia mengalami cedera pada bagian kakinya, sehingga memaksa penundaan rencana pertarungan untuk mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan super (welter junior) versi WBO.

Pertarungan kedua Josh Taylor melawan Jack Catterall akan berlangsung pada 4 Maret di OVO Hydro Arena, Glasgow, Skotlandia. Tempat yang sama di mana Taylor meraih kemenangan angka terbelah (split decision) yang dipertanyakan pada 26 Februari lalu.



Mike Coppinger dari ESPN.com adalah orang pertama yang melaporkan perkembangan ini melalui media sosial. Taylor diperkirakan akan absen dari ring selama empat hingga enam minggu, meskipun masih belum jelas apakah ia akan menunda pertarungan secara keseluruhan atau apakah Catterall (26-1, 13KO) dari Inggris akan diberikan kesempatan untuk bertarung.

Salah satu kemungkinan yang ada adalah perebutan gelar WBO interim, tergantung pada tingkat keparahan cedera Taylor dan kapan jadwal yang memungkinkan untuk kembali naik ring, meskipun hal ini masih menjadi opsi yang belum dikonfirmasi pada tahap awal pengembangan. Saat ini juga sedang dalam tahap penjajakan untuk menentukan tanggal pertarungan.

Josh Taylor vs Jack Catterall II seharusnya menjadi tajuk utama acara Sky Sports Box Office di Inggris, meskipun BoxingScene.com telah mengetahui bahwa promotor acara tersebut, Boxxer, sedang mempertimbangkan untuk memindahkan kartu tersebut ke acara reguler Sky Sports. Perwakilan dari Boxxer tidak dapat dimintai komentar, karena mereka sedang berada di lokasi untuk acara Sky Sports Box Office Chris Eubank Jr.-Liam Smith pada hari Sabtu di AO Arena, Manchester.

Perwakilan Top Rank tidak segera menanggapi pertanyaan untuk meminta komentar atau klarifikasi saat berita ini dipublikasikan. Taylor dan Catterall belum pernah bertarung sejak pertarungan pertama mereka yang sangat kontroversial pada bulan Februari lalu.

Josh Taylor yang memiliki rekor (19-0, 13KO) mampu bertahan dari ketertinggalan di awal laga dan sebuah knockdown pada ronde kedelapan untuk bangkit pada ronde-ronde berikutnya dan meraih kemenangan melalui angka tipis (split decision). Sebagian besar penonton mengira bahwa Catterall telah dicurangi untuk meraih kemenangan kejuaraan kelas welter junior yang tak terbantahkan.



Hal yang paling dekat dengan keadilan yang diberikan kepada Catterall dari Lancashire adalah penurunan status juri Ian John-Lewis, yang memberikan penilaian 114-111 untuk Taylor, serta tindakan disipliner dari Dewan Pengawas Tinju Inggris (British Boxing Board of Control/BBofC).

Hal tersebut tidak banyak mengubah hasil pertarungan, atau jaminan Catterall untuk menantang Taylor. Tak satu pun dari keempat badan sanksi tersebut yang menganggap petinju kidal asal Inggris berusia 29 tahun ini sebagai penantang wajib, sebuah status yang dinikmatinya bersama WBO sebelum pertarungan pertama (dan, sejauh ini, satu-satunya) mereka. Sejak saat itu, Taylor telah melepaskan gelar WBC, WBA dan IBF karena gagal mempertahankannya melawan penantang nomor satu masing-masing, semuanya demi melanjutkan pertandingan ulang melawan Catterall.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)