Gagal Penuhi Harapan, Ajax Amsterdam Pecat Alfred Schreuder

Jum'at, 27 Januari 2023 - 07:33 WIB
loading...
Gagal Penuhi Harapan, Ajax Amsterdam Pecat Alfred Schreuder
Ajax Amsterdam telah resmi memecat Alfred Schreuder sebagai pelatih, Jumat (27/1/2023). Dia didepak karena kinerjanya tidak sesuai harapan. Foto: footmercato.net
A A A
AMSTERDAM - Ajax Amsterdam telah resmi memecat Alfred Schreuder sebagai pelatih, Jumat (27/1/2023). Dia didepak karena kinerjanya tidak sesuai harapan.



Juru taktik berusia 50 tahun itu tak mampu membawa de Godenzonen -julukan Ajax Amsterdam- meraih hasil positif dalam beberapa laga terakhir.

Pemecatan Schreuder diumumkan di lama resmi klub. Meski masih memiliki kontrak hingga 2024, klub Liga Belanda itu memutuskan untuk mengakhiri kerjasama.

"Ajax telah mencopot Alfred Schreuder dari tugas aktif dengan segera. Kontrak manajer berjalan hingga 30 Juni 2024, tetapi telah diakhiri," tulis pernyataan resmi Ajax Amsterdam.

Hasil yang mengecewakan dan kurangnya perkembangan dalam tim menjadi alasan utama keputusan Ajax memecat Schreuder. Dia membiarkan timnya terlempar dari empat besar.

Dalam tiga laga terakhir, pelatih berkebangsaan Belanda itu tak mampu meraih kemenangan dan hanya meraih hasil imbang.

Khusus di Liga Belanda, Schreuder juga melewati tujuh laga terkahirnya tanpa kemenangan, yakni enam imbang dan satu kalah.

Imbasnya, Ajax terdampar di posisi lima klasemen sementara dengan 34 poin dari 18 laga. Mereka terpaut tujuh poin dari Feyenoord yang ada di urutan pertama.

Sehingga, manajemen klub tidak lagi yakin dengan kapasitasnya. Selain Schreuder, kontrak asisten pelatih Matthias Kaltenbach juga akan segera diakhiri.

CEO Ajax, Edwin van der Sar menyebut pemecatan Schreuder sudah seharusnya dilakukan. Sebab, dia tidak puas akan kontribusinya dalam beberapa laga terakhir.

"Ini adalah keputusan yang menyakitkan, tapi ini perlu. Terlepas dari awal musim yang bagus, kami kehilangan banyak poin yang tidak perlu," ucap Van der Sar

"Sepak bola itu sendiri juga berbahaya. Karena Piala Dunia, kami mendapat lebih awal dan istirahat panjang selama musim dingin."

"Kami memberi Alfred waktu dan kepercayaan kami untuk mengubah cara berjalannya. Menjadi jelas bagi kami bahwa dia tidak dapat mengubah arus."

"Terlepas dari banyak transfer yang terjadi, kami menganggap skuad fit untuk kejuaraan. Kami kehilangan banyak poin selama beberapa minggu terakhir dan sayangnya melihat kurangnya kemajuan," tutupnya.



Schreuder lahir di Barneveld, 2 November 1972. Dia bergabung dengan Ajax pada musim panas 2022, usai meninggalkan Club Brugge. Dia sempat jadi asisten pelatih Ajax dari Januari 2018 hingga 2019.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2541 seconds (0.1#10.140)