Kutukan 5 Pemain Termahal Inggris yang Gagal Bersinar, Enzo Fernandez Berikutnya?

Kamis, 02 Februari 2023 - 07:00 WIB
loading...
Kutukan 5 Pemain Termahal Inggris yang Gagal Bersinar, Enzo Fernandez Berikutnya?
Enzo Fernandez mencatatkan namanya sebagai pemain termahal dalam sejarah transfer Liga Inggris. Guratan tinta emas itu muncul setelah Chelsea resmi menebus biaya kepindahannya dari Benfica senilai 107 juta euro atau sekira Rp1,7 triliun / Foto Sky Sports
A A A
LONDON - Enzo Fernandez mencatatkan namanya sebagai pemain termahal dalam sejarah transfer Liga Inggris . Guratan tinta emas itu muncul setelah Chelsea resmi menebus biaya kepindahannya dari Benfica senilai 107 juta euro atau sekira Rp1,7 triliun.

Enzo Fernandez dikabarkan sepakat dengan durasi panjang (delapan tahun) bersama Chelsea . Di klub yang bermarkas di Stamford Bridge, dia bakal mengenakan nomor punggung 5.

Enzo Fernandez telah mengirimkan pesan perpisahan kepada Benfica dan penggemar. Itu disampaikannya melalui akun Instagram pribadinya.

BACA JUGA: Dubes RI untuk Qatar Gelar Pertemuan dengan 4 Pemain Berdarah Indonesia

"Terima kasih banyak, penggemar Benfica. Keluarga saya dan saya berterima kasih atas semua kasih sayang yang diterima dalam lima bulan ini, saya bersyukur kepada Tuhan karena telah memberi saya kesempatan untuk bermain bersama salah satu klub terbesar di dunia, di mana saya menikmati setiap momen sepenuhnya dan selalu memberikan yang terbaik," tulis Enzo Fernandes dikutip dari Goal Internasional, Kamis (2/2/2023).

"Semoga pers tidak menodai apa yang kita bangun bersama karena itu adalah sesuatu yang luar biasa yang tidak pernah saya bayangkan. Terima kasih kepada semua orang yang bekerja untuk menjadikan klub ini lebih besar dari sekarang. Terima kasih kepada rekan-rekan saya yang selalu memperlakukan saya dengan cara terbaik dan membuat saya merasa di rumah sendiri. Terima kasih kepada manajemen klub dan terutama kepada Roger Schmidt dan seluruh timnya atas kepercayaan dan rasa hormat setiap hari. Saya sangat senang. Terima kasih, saya membawa Benfica selamanya di hati saya."

Salam perpisahan sudah disampaikan Enzo Fernandez, namun begitu masih ada saja suara-suara sumbang terkait kepindahannya ke Chelsea. Ini berkaitan dengan biaya fantastis yang digelontorkan Chelsea yang justru menimbulkan kekhawatiran bagi para pendukung The Blues.

BACA JUGA: RANS Nusantara Tak Perpanjang Kontrak Rahmad Darmawan

Pasalnya, klub punya catatan buruk terhadap pemain yang dibeli dengan harga selangit dan sejarah rekor transfer di Inggris pada masa lalu. Lantas, seperti apa sejarah rekor transfer di Inggris?

Berikut Kutukan Pemain Termahal di Inggris yang Gagal Bersinar dikutip dari Daily Star, Kamis (2/2/2023)

1. Andriy Shevchenko
Chelsea pertama kali memecahkan rekor transfer Inggris pada 2006 saat mereka mendatangkan Andriy Shevchenko dari AC Milan seharga 30,6 juta euro. Pemain asal Ukraina itu produktif di Italia, memenangkan banyak sepatu emas dan menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions 2005/2006.

Kutukan pemain termahal pun akhirnya dirasakan Shevchenko. Dia harus berjuang untuk beradaptasi dengan sepak bola Inggris, hanya mencetak sembilan gol dalam 48 pertandingan Liga Inggris.

2. Paul Pogba
Empat tahun setelah meninggalkan klub secara gratis, Manchester United merekrut kembali Paul Pogba seharga 89 juta euro dari Juventus pada 2016. Selama periode keduanya di Old Trafford, pemain Prancis itu tampil sebanyak 226 kali, mencetak 39 gol, dan memberikan 53 assist.

Selama periode keduanya bersama MU, Pogba sukses menghadirkan dua gelar (Liga Europa dan Piala Liga Inggris pada 2017). Seiring waktu, ia justru mengecewakan para penggemar dengan menolak untuk membarui kontrak.

3. Fernando Torres
Setelah terkesan dengan penyelesaiannya di depan gawang bersama Liverpool sebelum menderita serangkaian cedera lutut, Fernando Torres memutuskan untuk pindah ke Chelsea seharga 50 juta poundsterling pada Januari 2011. Namun, Torres tidak mampu mengembalikan popularitasnya yang dia tunjukkan di masa-masa awalnya di Anfield.

4. Robinho
Itu bukan pertanda baik untuk pemain baru ketika mereka mengira mereka telah bergabung dengan Manchester City pada 2008. Awal yang positif di Inggris segera gagal untuk pemain sayap Brasil dan dia pergi dengan status pinjaman ke Santos kurang dari dua tahun setelah menyelesaikan transfer 32,5 juta euro. Dia meninggalkan City dengan rekor 16 gol dan 12 assist dalam 53 penampilan.

5. Stan Collymore
Stan Collymore berhasil menciptakan rekor transfer ketika ia memutuskan pindah dari Nottingham Forest ke Liverpool seharga 8,5 juta poundsterling pada 1995. Sayangnya, pemain berkepala plontos itu gagal memberikan trofi yang membuatnya terusir dari skuad The Reds.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)