Nonito Donaire vs Jason Moloney Dibatalkan, Sabuk Juara WBC Kelas Bantam Lowong

Kamis, 02 Februari 2023 - 13:22 WIB
loading...
Nonito Donaire vs Jason Moloney Dibatalkan, Sabuk Juara WBC Kelas Bantam Lowong
Nonito Donaire vs Jason Moloney Dibatalkan, Sabuk Juara WBC Kelas Bantam Lowong/Twitter
A A A
Duel Nonito Donaire vs Jason Moloney batal untuk memperebutkan sabuk juara kelas bantam WBC dalam perkembangan yang mengejutkan. Keputusan Jason Moloney untuk tidak mengejar gelar WBC membuat Nonito Donaire mencari calon lawan tanding baru demi mewujudkan ambisinya meraih sabuk juara dunia keempat.

Nonito Donaire akan membutuhkan pasangan tanding baru untuk mengejar gelar juara dunia kelas bantam keempatnya. BoxingScene.com mengkonfirmasi bahwa Jason Moloney - melalui promotor Top Rank - telah memutuskan untuk tidak lagi melakukan pembicaraan menghadapi Nonito Donaire demi memperebutkan gelar juara dunia kelas bantam WBC yang masih lowong.



Perkembangan ini terjadi jauh sebelum tenggat waktu 17 Februari yang ditetapkan untuk pertarungan yang telah berlangsung selama berbulan-bulan.
"WBC telah menerima konfirmasi dari Top Rank bahwa [Moloney] tidak akan bertarung untuk memperebutkan gelar juara kelas bantam WBC," presiden WBC Mauricio Sulaiman mengkonfirmasi kepada tim kedua petinju melalui surat resmi, yang salinannya telah diperoleh BoxingScene.com. "Dengan surat ini, maka proses pertarungan [Moloney] vs Donaire dengan ini dibatalkan."

Seperti yang telah diberitakan BoxingScene.com sebelumnya, WBC telah mengkonfirmasi dalam konvensinya bahwa Moloney dan Donaire akan menjadi penantang berikutnya untuk memperebutkan gelar tersebut setelah Naoya Inoue (24-0, 21KO) mengosongkan sabuknya dan naik kelas bantam super atau bulu junior. Monster KO Naoya Inoue menjadi juara tak terbantahkan dengan cara yang sulit, mengalahkan empat pemegang gelar - Butler untuk sabuk WBO, Donaire untuk gelar WBA pada November 2019 dan WBC dalam pertandingan ulang mereka pada Juni 2021, dan Emmanuel Rodriguez untuk memenangkan gelar IBF pada Mei 2019.

Kemenangan atas Butler adalah yang terakhir bagi Inoue di kelas bantam. Juara tiga divisi ini mengosongkan gelarnya pada tanggal 13 Januari, meskipun divisi lainnya pada dasarnya sedang ditangguhkan. Status Moloney-Donaire membuat badan-badan penentu sanksi lainnya tidak bisa berbuat banyak, karena Moloney (25-2, 19 KO) adalah penantang nomor satu di peringkat WBC dan WBO, dan kemungkinan besar akan mengejar gelar WBO yang lowong sebagai pengganti pertarungan melawan Donaire (42-7, 28 KO).

Meskipun merupakan pertarungan yang menarik, pertarungan ini selalu terlihat sebagai laga yang tidak menarik karena kurangnya kemajuan sejak konvensi WBC. WBC terpaksa secara resmi membatalkan pertarungan tersebut pada pertengahan Januari lalu, dengan ancaman tawaran hadiah sebagai satu-satunya jalan keluar yang mungkin terjadi jika pertarungan tersebut tetap berlangsung.

Moloney diwakili dalam pembicaraan oleh Top Rank, sementara dipandu oleh manajer yang telah berkarier sepanjang kariernya, Tony Tolj. Donaire dipromosikan oleh Probellum dan salah satu pendiri perusahaan, Richard Schaefer, yang kini telah melihat beberapa usulan pertarungan antara kedua perusahaan tersebut gagal terwujud.

Kekhawatiran muncul mengenai apakah kedua belah pihak dapat mencapai kesepakatan. Pendiri Top Rank dan promotor Hall of Fame, Bob Arum, secara terbuka bersikeras bahwa Probelum memiliki hubungan dengan tersangka gembong kriminal asal Irlandia, Daniel Kinahan, yang telah dijatuhi sanksi oleh Departemen Keuangan AS. Para petinggi Probelum - khususnya Schaefer - membantah keras tuduhan tersebut, meskipun perusahaan promosi yang berbasis di Dubai ini telah kehilangan kesepakatan TV di AS dan Inggris.



Top Rank telah berhenti berbisnis dengan perusahaan ini, kecuali untuk beberapa laga yang telah dijadwalkan (Janibek Alimkhanuly-Danny Dignum, 21 Mei lalu), atau di mana pertarungan tersebut dinegosiasikan tanpa keterlibatan mereka secara langsung (Inoue-Donaire II dan Inoue-Butler; Top Rank merupakan promotor Amerika Serikat untuk Inoue). Arum dan Schaefer juga memiliki hubungan cinta-benci yang sudah berlangsung lama, meskipun sebagian besar bersifat satu arah; Schaefer benar-benar mencoba berbisnis dengan semua promotor demi mengutamakan para petarungnya, meskipun belum beruntung dalam memajukan laga Moloney-Donaire.

"Kabar baiknya adalah bahwa Nonito Donaire adalah seorang pejuang yang bersedia menghadapi siapa pun," kata Schaefer kepada BoxingScene.com. "Pendirian kami selalu sama - Nonito Donaire akan menantang gelar kelas bantam WBC. Kami pergi ke konvensi WBC untuk menyatakan posisi kami yang tidak berubah. Saya berharap dapat mengatakan bahwa saya terkejut, namun saya tidak terkejut."

Top Rank dan Schaefer juga gagal mencapai kesepakatan untuk pertarungan yang dipesan antara juara kelas 140 pound WBC Regis Prograis dan mantan juara Jose Ramirez, yang merupakan penantang wajib untuk gelar tersebut. Negosiasi gagal pada saat kedatangan, dengan pertarungan tersebut bahkan tidak sampai pada penawaran hadiah setelah diketahui bahwa Ramirez dan Top Rank tidak dapat bernegosiasi lebih baik dari 65/35.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)