Ramla Ali Pengungsi Somalia Menjelma Jadi Petinju Tak Terkalahkan

Senin, 06 Februari 2023 - 20:50 WIB
loading...
Ramla Ali Pengungsi Somalia Menjelma Jadi Petinju Tak Terkalahkan
Ramla Ali Pengungsi Somalia Menjelma Jadi Petinju Tak Terkalahkan/Sky Sports
A A A
Profil Ramla Ali , pengungsi Somalia yang menjelma menjadi petinju tak terkalahkan di ring tinju wanita profesional. Ramla Ali mencatat rekor terbaru 8-0 setelah menghancurkan Avril Mathie laga eliminasi kelas bulu junior IBF selama 10 ronde di Hulu Theater, Madison Square Garden, Sabtu pekan lalu.

Hebatnya, Ramla Ali menjadi petinju wanita yang merusak rekor tak terkalahkan Avril Mathie lewat kemenangan angka. Kemenangan itu membuat Ramla Ali melangkah lebih dekat menuju perebutan gelar juara kelas bulu 55,3 kg.



Perjalanan menuju gelar juara dunia tidaklah mudah. Ketika ia masih kecil selama perang saudara Somalia pada awal 1990-an, keluarganya melarikan diri dari rumah mereka di Mogadishu setelah kakak laki-lakinya terbunuh akibat sebuah granat nyasar. Mereka melarikan diri dari negara itu melalui perjalanan perahu yang berbahaya ke Kenya, dan akhirnya berakhir di London, Inggris.

Di sekolah, Ali diintimidasi karena kelebihan berat badan, hingga ia menemukan tinju di masa remajanya. Bahkan setelah ia mulai bertarung secara kompetitif, ia menyembunyikan hasratnya dari keluarganya, karena khawatir ibunya akan menganggapnya tidak sopan. "Saya tahu dia tidak akan pernah mendukung," kata Ali.

Pada hari ia memenangkan gelar juara Inggris pada tahun 2016, ia memberi tahu keluarganya bahwa ia akan berlari. Saat profil Ramli Ali melejit, ibunya akhirnya mengetahui dan memintanya untuk berhenti - yang ia lakukan, meski hanya untuk sementara. "Saya mengerti, karena dia tumbuh di era yang berbeda dengan saya," kata Ali. "Namun, pada saat yang sama, saya juga merasa kesal. Bagaimana mungkin Anda tidak mengerti bahwa inilah yang saya cintai?"

Delapan belas bulan yang lalu, seorang paman di Mogadishu akhirnya membantu meyakinkan ibu Ali bahwa komunitas itu bahagia, bukannya malu. Saat itu, Ali telah mengambil keputusan untuk mewakili Somalia, bukan Inggris, di tingkat internasional. "Dia menelepon saya dan mengatakan bahwa dia sangat bangga pada saya," katanya. "Saya tidak pernah memiliki anggota keluarga yang lebih tua yang mengatakan hal itu."

Kini, ibu Ali adalah penggemar beratnya, walau ia belum pernah menyaksikan pertarungannya secara langsung. Hal itu mungkin akan segera berubah. Pada bulan Mei, setelah Ali kembali dari sebuah turnamen di Botswana, ibunya memberikan sebuah janji. "Ia berkata, 'Jika kamu sampai di Tokyo, saya akan memesan tiket dan kita akan bertemu di sana."

Saat ia tidak sedang berkeliling dunia untuk berkompetisi, Ali menyelenggarakan kelas bela diri mingguan gratis bagi para wanita di London Selatan. Sesi ini sangat populer di kalangan wanita Muslim yang ingin belajar melindungi diri mereka sendiri di lingkungan yang ramah terhadap wanita.



Sebagai seorang pengungsi yang negara adopsinya memberinya begitu banyak kesempatan, Ali juga menyadari bahwa petinju Afrika yang berlatih di negara asalnya tidak terwakili dengan baik di papan atas tinju. Itulah mengapa ia menggalang dana untuk membawa tim tinju Botswana, yang menyambutnya dalam perjalanannya baru-baru ini, ke Inggris untuk menjalani latihan selama seminggu menjelang All Africa Games.

"Hal yang membedakan mereka dari negara lain bukanlah keahlian mereka," katanya. "Itu hanya fakta bahwa mereka tidak memiliki kesempatan yang sama."

Ramla Ali berharap orang lain akan terinspirasi untuk tidak menyerah pada olahraga tinju. "Jangan terhalang hanya karena seseorang mengatakan kepada Anda bahwa itu bukan hal yang seharusnya dilakukan oleh seorang gadis," katanya. "Lakukan saja apa yang membuat Anda bahagia."
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)