Marcus/Kevin Dituntut Bangkit, Aryono Miranat: Performa Belum Kembali 100 Persen

Kamis, 09 Februari 2023 - 10:01 WIB
loading...
Marcus/Kevin Dituntut Bangkit, Aryono Miranat: Performa Belum Kembali 100 Persen
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dituntut menambah motivasi mereka untuk segara bangkit dari keterpurukan/Foto/PBSI
A A A
JAKARTA - Ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo dituntut menambah motivasi mereka untuk segara bangkit dari keterpurukan.Pelatih Ganda Putra PBSI Aryono Miranat menilai performa Minion -julukan duet Marcus/Kevin belum 100 persen kembali yang terbaik.

Dari tiga turnamen awal tahun 2023, Minions gagal melangkah jauh hingga final. Di Malaysia Open, mereka tersingkir i babak 16 besar dan begitpun di Indonesia Masters. Sementara di India Open, kalah di perempat final.



Minions tersingkir di babak 16 besar Indonesia Master 2023 karena Marcus menderita cedera otot perut sehingga mereka mundur di tengah gim ketiga kontra wakil China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Namun, Aryono memastikan bahwa kondisi pemain berusia 31 tahun itu tak separah yang diperkirakan sebelumnya. Kini, duet ranking 19 dunia itu masih harus terus melakukan persiapan menuju rangkaian turnamen berikutnya di Eropa. Mereka akan memulainya dengan tampil di ajang All England 2023 yang akan digelar pada 14-19 Maret mendatang.



Kemerosotan prestasi Minions dimulai setelah Marcus menjalani operasi di pergelangan kakinya pada April 2022 lalu. Pencapaian terbaik mereka tahun 2022 hanya menjadi runner-up Denmark Open 2022.

Peringkat Marcus/Kevin pun tergerus dalam. Mereka kehilangan takhta sebagai duet nomor satu dunia, yang telah mereka duduki lebih dari lima tahun, akibat banyak absen di turnamen-turnamen tahun lalu.

Mereka sempat terlempar ke peringkat 24 dunia pada akhir tahun lalu meski sekarang sudah sedikit naik, yakni di urutan 19 dunia.

Aryono menilai mantan duet ranking satu dunia itu harus berusaha keras dari awal lagi untuk mengembalikan performa terbaik mereka. Aryono menyarankan mereka menaikkan motivasi agar bisa segera bangkit dari keterpurukan.

“Marcus/Kevin harus berusaha lagi dari awal sebelum mereka ranking satu. Mereka waktu itu lama tidak bertanding karena Marcus cedera, Kevin juga sempat sakit. Jadi, mereka harus mengembalikan performa mereka. Motivasinya harus bisa dinaikkan,” kata Aryono kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (8/2/2023).

Pelatih berusia 58 tahun itu melihat permainan Marcus/Kevin sudah mulai kembali apik di awal tahun 2023 ini meksi masih belum 100 persen seperti dulu. “Dari segi permainan awal tahun ini udah agak balik ke semula. Tapi memang belum 100 persen, belum full seperti dulu,” ujar pelatih berjuluk Coach Naga Air itu.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)