Wow! Emir Qatar Siap Bayar Rp82,2 Triliun untuk Caplok Manchester United

Kamis, 09 Februari 2023 - 18:00 WIB
loading...
Wow! Emir Qatar Siap Bayar Rp82,2 Triliun untuk Caplok Manchester United
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani kabarnya tertarik untuk mengambil alih Manchester United (MU) dari keluarga Glazer. Foto: slobodnadalmacija.hr
A A A
QATAR - Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani kabarnya tertarik untuk mengambil alih Manchester United (MU) dari keluarga Glazer. Miliarder berusia 42 tahun itu konon siap merogoh 4,5 miliar poundsterling atau sekitar Rp82,2 triliun.



Desakan dari suporter MU membuat Keluarga Glazer berniat melepas klub. Pengusaha asal Amerika Serikat (AS) itu memberi tenggang waktu hingga pertengahan Februari 2023 bagi yang berminat mengambil alih The Red Devils -julukan MU.

Kabar terbaru menyebut Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani dikabarkan siap mengambil alih MU dengan harga 4,5 miliar poundsterling atau sekitar Rp82,2 triliun.

Namun, Keluarga Glazer baru bersedia melepas MU dengan harga 6 miliar poundsterling atau sekitar Rp109,7 triliun.

Meski Keluarga Glazer memasang harga tinggi untuk melepas MU, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani menilai jumlah yang ditawarkan lebih dari cukup. Mahar 4,5 miliar poundsterling dianggap sudah realistis untuk mengambil alih MU.

Namun, peluang Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani cukup berat. Sebab, dia harus mendapatkan persetujuan UEFA untuk mendapatkan MU.

Pasalnya, dia juga termasuk pemilik dari perusahaan Qatar Sports Investment yang merupakan juragan Paris Saint-Germain (PSG).

Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani membeli PSG pada 2011 melalui Qatar Sports Investment. Sementara aturan UEFA melarang adanya dua klub yang dikuasai satu pemilik saling berhadapan di kompetisi Eropa.

Kendati demikian, pihak Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani dikabarkan sedang mencari solusi untuk bisa mengubah aturan UEFA.

Selain peraturan UEFA, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani juga harus bersaing dengan orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe untuk mendapatkan MU.



Ratcliffe merupakan penggemar MU dan tertarik mengambil alih klub dari Keluarga Glazer. Kabarnya, Ratcliffe bakal mengajukan tawaran resmi kepada Keluarga Glazer.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0864 seconds (0.1#10.140)