Gawat! Duel Filip Hrgovic vs Andy Ruiz Terhalang Aturan Main IBF

Rabu, 15 Februari 2023 - 15:17 WIB
loading...
Gawat! Duel Filip Hrgovic vs Andy Ruiz Terhalang Aturan Main IBF
Gawat! Duel Filip Hrgovic vs Andy Ruiz Terhalang Aturan Main IBF/Bad Left Hook
A A A
Perebutan gelar interim kelas berat IBF antara Filip Hrgovic vs Andy Ruiz Jr yang sebelumnya telah dijadwalkan, kini akan menuju pada penawaran hadiah. Kecuali, tentu saja, IBF meninjau kembali peraturannya sendiri dan mengubahnya.

BoxingScene.com mengkonfirmasi bahwa periode 30 hari yang diberikan untuk perebutan gelar kelas berat IBF interim Hrgovic-Ruiz telah berakhir tanpa kedua belah pihak mencapai kesepakatan. IBF memberi tahu semua promotor yang terdaftar bahwa pertarungan yang telah dipesan sekarang menjadi subjek dari sidang penawaran bayaran pada 28 Februari.



"Pada 11 Januari 2023, IBF memerintahkan Filip Hrgovic dan Andy Ruiz untuk memulai negosiasi untuk memperebutkan gelar juara dunia kelas berat IBF," kata presiden IBF Daryl People dalam sebuah surat resmi, yang salinannya diperoleh BoxingScene.com. "Kesepakatan tidak dapat dicapai dan pada tanggal 13 Februari 2013, Tuan Nisse Sauerland, yang mewakili Filip Hrgovic, meminta penawaran harga segera."

Hrgovic dipromotori oleh Wasserman Boxing dan Matchroom Boxing, sementara Ruiz diwakili oleh TGB Promotions - promotor utama di bawah naungan Premier Boxing Champions (PBC). Pemberitahuan tersebut menyatakan bahwa seluruh peserta yang berminat harus mengajukan penawaran selambat-lambatnya 15 menit sebelum acara dengar pendapat yang dijadwalkan pada tanggal 28 Februari pukul 12:00 siang waktu setempat.

Penawaran tersebut harus disertai dengan biaya partisipasi sebesar USD5.000 yang tidak dapat dikembalikan. Pemenang lelang juga harus menyerahkan deposit sebesar sepuluh persen dari jumlah total pada saat dengar pendapat, diikuti dengan sepuluh persen lainnya dalam waktu lima hari kerja setelah prosedur lelang.

Namun, ada masalah yang mencolok. Peraturan IBF 16.B yang mengatur para kontestan untuk perebutan gelar interim menyatakan bahwa "[jika] laga interim tidak dapat dinegosiasikan, tidak ada tawaran hadiah yang akan diadakan. Para kontestan harus menyetujui persyaratan pertandingan. Pemenang dari laga perebutan gelar interim ini akan menjadi penantang wajib bagi sang Juara."

Bahasa dari keputusan ini jelas menunjukkan bahwa laga yang dipesan tersebut akan berakhir dengan sebuah kesepakatan yang dicapai untuk sebuah perebutan gelar interim, atau dibubarkan begitu saja jika tidak ada kesepakatan di antara para kontestan yang mengajukan diri. Konflik ini lebih jauh diilustrasikan dengan tidak adanya pembagian hadiah yang pasti untuk pertandingan yang dipesan, dalam surat yang dikirimkan ke semua promotor yang terdaftar di IBF.

Petinju Kroasia, Hrgovic (15-0, 12KO), menjadi penantang wajib IBF bagi pemegang gelar juara dunia kelas berat versi WBA/IBF/WBO, Oleksandr Usyk (20-0, 13 KO). Peraih medali perunggu Olimpiade 2016 ini melaju ke posisi penantang teratas setelah meraih kemenangan angka atas Zhang Zhilei (21-1-1, 13KO), 20 Agustus lalu di Jeddah, Arab Saudi.

Pertarungan ini menjadi laga tambahan pertandingan Usyk yang mengulangi kemenangan atas Anthony Joshua dari Inggris (24-3, 22KO) untuk mempertahankan gelar juara dunia yang direbutnya dari sang juara dunia dua kali dalam pertemuan pertama mereka pada bulan September 2021 di Tottenham Hotspur Stadium, London Utara. Hrgovic sangat ingin menjalani pertarungan yang tidak terlalu padat, sementara Usyk telah disetujui untuk mengejar gelar juara yang tak terbantahkan melawan penguasa kelas berat versi WBC, Tyson Fury (33-0-1, 24KO).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0898 seconds (0.1#10.140)