Tujuh Mesin Gol Paling Mematikan di La Liga

Kamis, 16 Juli 2020 - 10:01 WIB
loading...
Tujuh Mesin Gol Paling Mematikan di La Liga
Banyak pemain ikonik telah memenangi penghargaan top skorer LaLiga – sering dikenal dengan Pichichi. Foto: La Liga
A A A
MADRID - Banyak pemain ikonik telah memenangi penghargaan top skorer LaLiga – sering dikenal dengan Pichichi. Beberapa tahun terakhir, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mendominasi penghargaan ini bersama Barcelona dan Real Madrid, dimana Messi berhasil menang enam kali dan Ronaldo tiga kali.

Sebelum panggung topscorer La Liga dikuasai kedua pemain itu, ada cukup banyak penyerang yang terlibat dalam persaingan. Berikut bebarapa yang terbaik diantaranya dalam beberapa tahun terakhir. (Lihat Grafis: Waspada Berolahraga di Tengah Wabah )

Lionel Messi
Tujuh Mesin Gol Paling Mematikan di La Liga

Apalagi yang dapat dikatakan tentang Messi? Pemain Argentina ini telah memenangi enam penghargaan top skorer, termasuk dalam tiga musim terakhir. Ia pertama kali memenangi penghargaan ini di musim 2009/10, lalu memenangi tiga lainnya dalam empat musim berikutnya, termasuk 50 gol bersejarah di musim 2011/12, dan duel sengitnya bersama Cristiano Ronaldo dalam banyak musim. Messi telah menjadi pencetak gol dominan di LaLiga, dan hanya ada satu nama lainnya selain Cristiano Ronaldo yang mengalahkannya dalam kategori top skorer dalam satu dekade ke belakang: rekan setimnya di Barcelona, Luis Suárez, yang mencetak 40 gol di musim 2015/16.

Cristiano Ronaldo
Tujuh Mesin Gol Paling Mematikan di La Liga

Ketika Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid di tahun 2018, rekor golnya di LaLiga terhenti di angka 311 gol dalam 292 pertandingan. Ia memang hanya memenangi penghargaan Pichichi sebanyak tiga kali, tapi catatan golnya di LaLiga tak pernah dibawah 25 gol. Hanya sedikit pencetak gol yang seikonik Cristiano.

Raul
Tujuh Mesin Gol Paling Mematikan di La Liga

Selama satu setengah dekade memimpin lini serang Real Madrid, Raúl mencetak banyak gol bagi Los Blancos. Raúl menjuarai gelar LaLiga sebanyak enam kali, dan berhasil menjadi top skorer sebanyak dua kali: musim 1998/99 dengan 25 gol, dan 2000/01 dengan 24 gol.

Ronaldo Nazario (Ronaldo Kuncung)
Tujuh Mesin Gol Paling Mematikan di La Liga

Layaknya Raúl, Ronaldo Nazário juga dua kali memenangi gelar Pichichi dalam karirnya, dan ia memenanginya dengan dua klub berbeda. Di musim 1996/97, ia menjadi top skorer liga dengan Barcelona dengan catatan 34 gol, lalu ia kembali memenanginya di musim 2003/04 bersama Real Madrid dengan 25 gol. Itu adalah musim terbaiknya bersama Los Blancos.

Samuel Eto’o
Tujuh Mesin Gol Paling Mematikan di La Liga

Ketika Samuel Eto’o bergabung dengan Barcelona dari RCD Mallorca di musim panas tahun 2004, ia mencetak 24 gol di musim perdananya dan kalah dari Diego Forlán untuk menjadi top skorer. Di musim berikutnya, Eto’o mencetak 26 gol untuk memastikan dirinya menjadi top skorer LaLiga. Gol-golnya membantu Barcelona memenangi gelar LaLiga di kedua musim tersebut.

Ruud van Nistelrooy
Tujuh Mesin Gol Paling Mematikan di La Liga

Ruud van Nistelrooy datang ke Real Madrid dari Manchester United pada tahun 2006 sebagai top skorer Premier League. Lalu, penyerang Belanda ini mencetak 25 gol di musim debutnya untuk menjadi top skorer LaLiga. (Baca Juga: Suarez Sebut Barcelona Sudah Kalah dari Real Madrid )

Diego Forlan
Tujuh Mesin Gol Paling Mematikan di La Liga

Diego Forlan dua kali memenangi penghargaan Pichichi, satu kali bersama Villarreal, lalu satu kali bersama Atlético de Madrid. Di musim pertamanya di LaLiga, Forlán mencetak 25 gol bagi Villarreal di musim 2005/06 untuk mengalahkan Eto’o dalam penghargaan ini, dan mencetak lima gol dalam dua pekan terakhir. Setelah pindah ke Atlético, Forlán memenangi penghargaan ini di musim 2008/09 dengan 32 gol. Catatan tersebut membuatnya menjadi pemain pertama yang mencetak lebih dari 30 gol setelah Ronaldo di musim 1996/97.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)