Apa yang Dimaksud dengan Split Decision dalam Tinju?

Selasa, 28 Februari 2023 - 16:16 WIB
loading...
Apa yang Dimaksud dengan Split Decision dalam Tinju?
Apa yang Dimaksud dengan Split Decision dalam Tinju?/The Sun
A A A
Apa yang dimaksud dengan split decision atau keputusan terbelah dalam pertarungan tinju akan dibahas dalam artikel kali ini. Tidak ada yang lebih mendebarkan daripada melihat pertandingan tinju yang berakhir dengan KO - namun pertarungan sering kali berakhir dengan split decision (keputusan terbelah).

YouTuber Jake Paul bertahan selama delapan ronde melawan saudara tiri Tyson Fury, Tommy, sebelum kalah dalam pertarungan di Arab Saudi. Namun, pertandingan balas dendam ini lebih ketat dari yang diperkirakan, karena kemenangan Fury ditentukan oleh keputusan terbelah. Namun, apa sebenarnya keputusan terbelah dan apa saja keputusan lain dalam tinju?

Apa yang dimaksud dengan keputusan terbelah?
Keputusan split decision dalam tinju adalah ketika dua dari tiga juri memberi nilai pada salah satu petinju sebagai pemenang, sementara juri ketiga memberi nilai yang mendukung kompetitor lainnya.



Hal ini biasanya menyebabkan pihak yang kalah meminta pertandingan ulang karena merasa tidak ada suara bulat yang cukup dalam keputusan akhir.

Bagaimana lagi pertandingan tinju dapat diselesaikan?
Keputusan split sering disalahartikan sebagai keputusan mayoritas yang terjadi ketika dua juri memilih petinju yang sama sebagai pemenang, namun juri ketiga meyakini bahwa pertandingan berakhir seri. Pertandingan tinju kadang-kadang diselesaikan sebagai seri jika dua juri memberi nilai yang mendukung pesaing yang berbeda, sementara juri yang tersisa merasa seolah-olah pertandingan itu seri.

Keputusan bulat terjadi ketika semua tiga juri memutuskan satu kompetitor sebagai pemenang. Namun sebelum keputusan di atas, petinju dapat menang melalui KO, yaitu ketika petarung gagal melanjutkan pertarungan sebelum sepuluh hitungan setelah dipukul jatuh ke atas kanvas. Atau, kompetitor dapat menang melalui technical knockout (TKO) - ketika wasit percaya bahwa petinju tidak dalam kondisi yang cukup stabil untuk mempertahankan diri.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)