Pengganti Menpora Idealnya Anak Muda dan Bukan Kader Partai Politik

Kamis, 02 Maret 2023 - 16:10 WIB
loading...
Pengganti Menpora Idealnya Anak Muda dan Bukan Kader Partai Politik
Kabar pergantian Zainudin Amali sebagai Menpora belakangan ini ramai diperbincangkan. Muncul harapan agar penerusnya adalah anak muda dan bukan kader politik. Foto: kemenpora.go.id
A A A
JAKARTA - Kabar pergantian Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) belakangan ini ramai diperbincangkan. Muncul harapan agar penerusnya adalah anak muda dan bukan kader politik.



Amali sebelumnya diyakini telah meminta izin kepada Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur sebagai Menpora. Sebab, dia ingin fokus dengan tugas barunya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Kabar terbaru Jokowi mengaku belum menerima surat pengunduran diri Amali. Jadi dia belum bisa membahas siapa yang akan menjadi penggantinya.

Meski demikian, ini tetap menghadirkan angin segar dan harapan untuk perbaikan kelembagaan anak muda terutama dalam bidang olahraga.

Ini disampaikan Tri Alvian Machwana selaku Ketua Bidang Geostrategi dan Hubungan Internasional Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI).

Dia menyebut kondisi anak muda saat ini cukup memprihatinkan secara kelembagaan. Belum lagi banyaknya persoalan yang juga tak kunjung usai.

Termasuk diantaranya masih terbelahnya organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang konsen pada isu pemuda.

Ini bisa berakibat proses pembangunan dengan target indeks pemuda 57,67 pada 2024 belum tentu tercapai. Bahkan tantangan ini terjadi sudah terlihat sejak 2019, dan mengalami penurunan di 2020.

"Pada 2022 sendiri kita baru naik lebih dari 1%, tentu ini memprihatinkan, artinya proses konsolidasi lembaga kepemudaan masih belum maksimal," jelas Alvian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)