Mengenal 3 Teknik Aikido yang Mematikan

Jum'at, 03 Maret 2023 - 20:03 WIB
loading...
Mengenal 3 Teknik Aikido yang Mematikan
Aikido merupakan seni bela diri asal Jepang yang dilarang Ultimate Fighting Championship (UFC) untuk digunakan dalam pertarungan Mixed Martial Arts (MMA) / Foto: Youtube
A A A
Aikido merupakan seni bela diri asal Jepang yang dilarang Ultimate Fighting Championship (UFC) untuk digunakan dalam pertarungan Mixed Martial Arts (MMA). Meski dianggap bela diri yang tak kompetitif, tetapi Aikido memiliki tiga teknik yang mematikan.

Aikido merupakan bela diri non ofensif dan non kompetisi dan lebih menekankan pada nilai-nilai filosofis tanpa menghilangkan esensi bela diri itu sendiri. Kendati demikian, Aikido menempati posisi keenam dari 10 bela diri mematikan.

Krav Maga, Jeet Kune Do, Muay Thai, Jiu Jitsu, Kali/Eskrima menempati posisi lima besar sebagai bela diri mematikan di dunia. Semenyata Aikido, Wing Chun, Kereta, Keysi Fighting Method dan Taekwondo menempati posisi keenam sampai 10, sebagai bela diri mematikan.

UFC pun bahkan melarang para petarungnya untuk menggunakan teknik Aikido di MMA. Pasalnya, teknik-teknik Aikido cukup berbahaya dan berisiko besar untuk keselamatan petarung MMA.


Berikut 3 Teknik Aikido yang Mematikan

1. Tenchinage


Tenchinage merupakan teknik Aikido yang biasa disebut dengan melempar surga dan bumi. Teknik ini, terbilang mematikan karena praktisi Aikido bisa membuat lawannya tak berdaya.

Inti gerakan ini adalah praktisi Aikido akan bergerak maju dengan salah satu tanganya memegang tangan musuhnya untuk merusak keseimbangan lawan. Usai lawan hilang keseimbangan, lalu praktisi Aikido membanting lawannya dengan menaruh tangan satunya ke bagian kepala lawannya.

Tenchinage tak bisa digunakan dalam pertarungan MMA. Pasalnya, UFC memiliki aturan tak memperbolehkan siapapun menyerang bagian kepada jika sengaja melakukanya bakal didiskualifikasi dari pertarungan.

2. Shihonage


Shihonage merupakan teknik pelemparan empat arah dalam Aikido. Praktisi Aikido akan melipat tangannya di area bahu lawannya, kemudian mengunci dan membanting lawannya.

Dengan teknik ini, tanpa banyak mengeluarkan tenaga bisa membuat lawan terjatuh dengan bagian punggung atau kepala lawan menghantam lantai terlebih dahulu. Tentunya, Shihonage dilarang digunakan dalam pertarungan MMA karena bisa menimbulkan cedera serius dan hilangnya nyawa seorang petarung.

3. Sankyo


Sankyo merupakan teknik yang berfokus kuncian pada bagian pergelangan tangan. Teknik ini pun bisa membuat musuh merasakan tenang di area bahu, siku dan lengan.

Dalam seni bela diri Aikido, Sankyo banyak digunakan oleh praktisi karena tak terlalu rumit. Namun dalam pertarungan MMA, teknik ini dilarang karena bisa membuat lengah lawan patah.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)