Ribuan Pendekar Silat Berlaga di Kejurnas Indramayu Open 2023

Sabtu, 04 Maret 2023 - 19:16 WIB
loading...
Ribuan Pendekar Silat Berlaga di Kejurnas Indramayu Open 2023
Ribuan pendekar silat berlaga pada kejuaraan pencak silat Indramayu Open 2023 yang diselenggarakan oleh PS Bhirawa Anoraga. Kejuaraan tingkat nasional ini digelar di GOR Singalodra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (4/3/2023) / Foto: MPI
A A A
INDRAMAYU - Ribuan pendekar silat berlaga pada kejuaraan pencak silat Indramayu Open 2023 yang diselenggarakan oleh PS Bhirawa Anoraga. Kejuaraan tingkat nasional ini digelar di GOR Singalodra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (4/3/2023).

Ketua Umum PS Bhirawa Anoraga Indramayu, Saefudin mengatakan, event itu merupakan kejuaraan silat tingkat nasional (Kejurnas). Selain untuk memupuk persatuan dan persaudaraan antar perguruan silat, Indramayu Open juga bagian dari pembibitan atlet.

"Event ini diikuti oleh seluruh perguruan silat, total ada sebanyak 1.280 peserta yang bertanding pada kejuaraan silat kali ini," kata dia, kepada MNC Portal Indonesia (MPI).



Saefudin berharap, dengan digelarnya kejuaraan pencak silat Indramayu Open 2023 ini dapat menghasilkan bibit-bibit atlet baru di Kabupaten Indramayu dan juga di Provinsi Jawa Barat.

Sementara, Ketua Harian Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat, Dr Sony Hersona menuturkan, event tersebut merupakan sebuah upaya untuk menunjukkan konsistensi Indonesia bahwa pencak silat itu memang harus dipromosikan dan harus terus beregenerasi sesuai dengan amanat UNESCO. "Karena konsekwensi predikat yang diberikan oleh dunia, bahwa pencak silat itu merupakan warisan budaya tak benda dunia milik Indonesia maka ini salah satu konsistensinya," tutur dia.



Sony Hersona menambahkan bahwa Kejurnas pencak silat open berikutnya bakal diadakan di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. "Kejurnas open berikutnya mungkin akan kita adakan di Jatinangor. Karena kami akan membuat kampung silat di atas lahan 8 hektar di wilayah tersebut," ujarnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2499 seconds (0.1#10.140)