Justin Hubner Didaftarkan Belanda, Erick Teruskan Proses Naturalisasi 3 Calon Pemain Timnas U-20

Jum'at, 10 Maret 2023 - 22:15 WIB
loading...
Justin Hubner Didaftarkan Belanda, Erick Teruskan Proses Naturalisasi 3 Calon Pemain Timnas U-20
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) mengatakan proses naturalisasi 3 calon pemain Timnas Indonesia U-20 tetap dilanjutkan/Foto/MPI/Andri BS
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan proses naturalisasi 3 calon pemain Timnas Indonesia U-20 tetap dilanjutkan kendati salah seorang dari mereka didaftarkan negara lain. Proses akan berlanjut setelah DPR RI mengakhiri masa reses.

Timnas Indonesia U-20 akan menaturalisasi tiga pemain keturunan Indonesia-Belanda, yakni Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. Yang menjadi problem, Hubner masuk dalam daftar 35 pemain yang dipanggil Pelatih Timnas Belanda U-20 Martijn Reuser untuk uji coba melawan Prancis U-20 pada 25 Maret 2023 di Banus Football Center, Marbella, Spanyol.



Proses naturalisasi tiga pemain tersebut belum berlanjut karena DPR sedang reses. Erick mengatakan, kelanjutan proses itu akan berjalan lagi setelah 13 Maret.

"Naturalisasi pemain, surat sudah kami dikirim, tembusan ke DPR," ujar Erick kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia di GBK Arena, Jakarta pada Jumat (10/3/2023).

Baca juga: Pesan FIFA Jadi Alasan Zainudin Amali Mundur dari Menpora

"DPR sedang reses, rencana tanggal 13 Maret mulai didorong oleh DPR, seperti apa prosesnya, diikuti," sambungnya.

DPR RI reses sejak 17 Februari lalu. Para wakil rakyat itu baru akan kembali menjalani masa sidang pada 14 Maret hingga 13 April 2023.

Tiga pemain keturunan tersebut akan menjalani sidang dengan DPR RI sebelum dinaturalisasi. Mereka akan 'disidang' oleh Komisi III dan Komisi X DPR RI.

Setelah itu, proses naturalisasi ketiga pemain tersebut akan berlanjut ke Kementerian Sekertariat Negara (Kemensetneg) untuk mendapatkan surat Keputusan Presiden (Keppres).

Kemudian, ketiga pemain itu akan mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)