Pengamat Sepak Bola: Jangan Sampai FIFA Pindahkan Piala Dunia U-20 Gara-gara Polemik Israel

Sabtu, 25 Maret 2023 - 10:06 WIB
loading...
Pengamat Sepak Bola: Jangan Sampai FIFA Pindahkan Piala Dunia U-20 Gara-gara Polemik Israel
Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo menilai jangan sampai persiapan yang sudah dilakukan Indonesia menjadi sia-sia lantaran muncul polemik keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 merupakan capaian yang harus dijaga. Menurutnya, jangan sampai persiapan yang sudah dilakukan sia-sia karena muncul polemik keikutsertaan Israel di turnamen sepak bola terbesar kedua FIFA.

"Dampaknya sangat buruk jika FIFA memindahkan tuan rumah Piala Dunia U-20 ini. Jangan sampai itu terjadi. Momentum atau kesempatan Indonesia sebagai tuan rumah harus dijaga bersama," kata Kesit dalam sesi diskusi dengan sejumlah pengamat sepak bola, Jumat (24/3/2023).

Kesit menjelaskan, Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 , Indonesia tak punya kuasa menolak Timnas Israel untuk datang dan bertanding. Semua kewenangan ada di FIFA selaku federasi sepak bola dunia.



Menurutnya, Indonesia hanya sebatas negara yang ditetapkan sebagai tuan rumah yang berkewajiban menerima seluruh peserta yang merupakan anggota FIFA, termasuk Israel. "FIFA kan sudah menunjuk kita sebagai tuan rumah dan itu harus kita pertahankan. Jadi momentum ini tetap harus dijaga. Jangan sampai, sudah disiapkan hal-hal teknis justru tuan rumah dipindah, itu dampaknya sangat buruk di mata dunia. Belum lagi soal sanksi yang bisa diterima dari FIFA," kata Kesit.

Menurutnya, soal perbedaan pandangan keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik antara pemerintah, PSSI dan FIFA. Misalnya, kata dia, ketika Israel bertanding, tidak ada bendera atau lagu kebangsaan dinyanyikan saat Israel bertanding.


"Tinggal bagaimana komunikasi masif dilakukan dengan FIFA. Pada dasarnya kita harus menjaga momentum ini agat bisa menjadi tuan rumah yang baik," imbuh Kesit.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)