Arteta Puji Pahlawan Arsenal di Piala FA, David Luiz

Minggu, 19 Juli 2020 - 07:39 WIB
loading...
Arteta Puji Pahlawan Arsenal di Piala FA, David Luiz
Kemenangan Arsenal atas Manchster City di semifinal Piala FA 2019/2020 menjadi malam David Luiz/Foto/Reuters
A A A
LONDON - Kemenangan Arsenal atas Manchster City di semifinal Piala FA 2019/2020 menjadi malam David Luiz. Bek asal Brasil itu layak mendapat pujian setelah pertahan bagus yang diperagakan mengantar Arsenal ke final setelah membungkam Man City 2-0 di Stadion Wembley, London, Sabtu (18/7/2020) malam waktu lokal atau Minggu (19/7/2020) dini hari WIB.

Pelatih kepala Arsenal Mikel Arteta memuji kualitas defensif Luiz yang kerap melakukan blunder yang berdampak kerugian bagi timnya. Tapi, Luiz tampil beda di Wembley. Luiz membuat aksi clearance 11 kali, empat intersepsi, dan satu blok krusial untuk menangkal tembakan Raheem Sterling di babak kedua. ( ).

Statistik Opta juga menunjukkan Luiz memenangkan empat duel udara dan menyentuh bola lebih sering daripada rekan setimnya. Tak hanyanya Arteta, mantan kapten timnas Inggris Rio Ferdinand, juga memuji aksinya yang mampu membentuk aliansi tiga bek kuat dengan Shkodran Mustafi dan Kieran Tierney.

Penampilan Luiz kontras dibanding saat Arsenal kalah 0-3 dari Man City di Liga Primer bulan lalu, pada kesempatan itu, David Luiz tampil dari bangku cadangan sebagai pemain pengganti awal. Dia melakukan kesalahan untuk gol pertama Man City dan kemudian diusir keluar lapangan saat memberikan penalti pada babak kedua. ( ).

"Ini adalah bagian dari sepak bola. Saya tidak ragu dengan reaksi David Luiz. Dia mengangkat tangannya setelah pertandingan itu (melawan City di Etihad), tetapi dia tidak harus melakukan itu," kata Arteta dilansir Livescore.

"Kita semua membuat kesalahan. Cara dia berlatih, saling membantu dan tampil, sangat fenomenal. Saya senang orang-orang bisa melihat sisi terbaik dirinya saat ini, dan memuji dia karena dia pantas mendapatkannya." ( ).

Arsenal mengejutkan banyak orang dengan memberi David Luiz kontrak baru satu tahun hanya beberapa hari setelah bencana penampilan pemain berusia 33 tahun itu di Stadion Etihad.

"Apa yang dia butuhkan adalah kita mempercayainya, bahwa kita tidak ragu dengan apa yang bisa dia lakukan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah membuatnya bermain," ujar Arteta.

"Dia mengalami saat-saat sulit tetapi dia juga mengalami saat-saat yang luar biasa. Para atlet besar melewati saat-saat itu. Saya senang dia bermain di level seperti sekarang ini."

"Saya ingin dia tampil di lapangan. Dia melakukannya lagi sekarang dengan cara yang sangat baik, saya sangat senang untuknya hari ini."
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)