Atasi Dampak Batal Piala Dunia U-20, Erick Thohir Jaga Kepercayaan Dunia ke Indonesia

Selasa, 11 April 2023 - 19:24 WIB
loading...
Atasi Dampak Batal Piala Dunia U-20, Erick Thohir Jaga Kepercayaan Dunia ke Indonesia
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan keterangan pers usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (31/3/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir berhasil mengatasi masalah dampak batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Gerak cepat Erick Thohir mendatangi FIFA menjadi upaya menjaga kepercayaan internasional terhadap Indonesia.

"Erick Thohir mampu menyelamatkan kredibilitas Indonesia di dunia internasional akibat batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Ini membuktikan keahlian Erick Thohir khususnya dalam bernegosiasi,” terang Pakar Politik Universitas Gajah Mada (UGM), Wawan Mas’udi.



Seperti diketahui, Erick Thohir berhasil menyelamatkan Indonesia dari sanksi berat FIFA terhadap dunia sepak bola setelah penghapusan status tuan rumah Piala Dunia U-20. Erick Thohir berhasil bernegosiasi bersama FIFA hingga Indonesia hanya menerima sanksi ringan.

Sanksi ringan ini adalah pembekuan bantuan dana operasional dari FIFA kepada PSSI. Dengan sanksi ini kegiatan sepak bola Indonesia tidak terkena dampak dan timnas dari segala kategori umur pun bisa berlaga di seluruh kejuaraan internasional yang diselenggarakan oleh FIFA.

Tak hanya itu, Erick Thohir juga menyelamatkan Indonesia dari pandemi Covid-19 jauh sebelum polemik sepak bola muncul. Erick Thohir kala itu diberikan amanah sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menjadi salah satu delegasi pemerintah dalam pencarian vaksin.

Mengemban amanah tersebut ia berhasil menghadirkan jutaan vaksin Covid-19 untuk melindung 200 juta lebih masyarakat Indonesia. Kini berkat Erick Thohir Indonesia bahkan sudah bisa memproduksi vaksin Covid-19 sendiri yang diberi nama IndoVac.

Selain itu, Erick Thohir juga menggalakkan program penggerak ekonomi masyarakat selama pandemi Covid-19 yakni Mekaar, KUR, dan Makmur.

“Saya kira bukti kepiawaian Erick Thohir dalam bernegosiasi dan membangun kepercayaan internasional tak hanya di bidang olah raga saja. Tetapi di bidang ekonomi dan pada saat pandemi Covid-19 Erick juga membuktikan keberhasilannya dalam bernegosiasi dan membangun kepercayaan internasional," pungkas Wawan.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8322 seconds (0.1#10.140)