Korsel dan AS Akan Simulasikan Serangan Nuklir Korut

Kamis, 14 Januari 2016 - 22:48 WIB
Korsel dan AS Akan Simulasikan Serangan Nuklir Korut
Korsel dan AS Akan Simulasikan Serangan Nuklir Korut
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) tengah untuk mensimulasikan serangan pre-emptive kemampuan senjata nuklir Korea Utara (Korut) dalam latihan militer gabungan tahunan.

Dikutip dari Telegraph, Kamis (14/1/2016), pada bulan November lalu kedua pemerintah telah menyepakati set terbaru rencana untuk melindungi Korsel dari ancaman rudal, nuklir, senjata kimia, dan biologi.

Set tersebut dikenal sebagai Konsep Operasional 4D, sebuah konsep rencana yang dirancang untuk mendeteksi, mengganggu, merusak, dan mempertahankan Korsel dari ancaman yang ditimbulkan oleh Korut.

"Kedua negara sedang membahas cara untuk menunjukkan bagian dari konsep 4D selama latihan gabungan tahunan pada bulan Maret mendatang dan kemudian mengembangkannya sebagai sistem operasional skala penuh," kata seorang pejabat kementerian pertahanan Korsel.

Pyongyang sendiri kerap mengutuk
latihan militer bersama Korsel-AS yang dianggap sebagai provokasi dan persiapan untuk menginvansi Korut. Korut kerap murka dengan menduga bahwa latihan bersama itu adalah persiapan keduanya untuk melakukan serangan perdana.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3981 seconds (0.1#10.140)