Charles Leclerc Kalah Pengalaman dari Verstappen

Senin, 22 Mei 2023 - 06:01 WIB
loading...
Charles Leclerc Kalah Pengalaman dari Verstappen
Wakil Pemilik Ferrari, Piero Ferrari, menyebut bahwa Charles Leclerc sebenarnya memiliki kecepatan yang sama dengan Max Verstappen / Foto: PlanetF1
A A A
MONAKO - Wakil Pemilik Ferrari, Piero Ferrari, menyebut bahwa Charles Leclerc sebenarnya memiliki kecepatan yang sama dengan Max Verstappen. Hanya saja, pilot jet darat asal Prancis itu kalah pengalaman dibanding dengan jawara bertahan Formula 1.

Leclerc tampil luar biasa di awal musim F1 2022. Dia sempat memimpin klasemen sehingga memberi harapan bahwa Ferrari bisa menjadi juara lagi setelah kali terakhir melakukannya lewat Kimi Raikkonen pada 2007.

Tetapi performanya terus menurun memasuki pertengahan hingga akhir musim. Alhasil, pembalap asal Monako itu hanya mampu menjadi runner up musim lalu di bawah Verstappen, yang sukses menyabet titel keduanya secara berturut-turut.

Pada F1 2023 ini, Leclerc jelas menjadi andalan lagi bagi Tim Kuda Jingkrak -julukan Ferrari- untuk bersaing memperebutkan gelar juara. Namun, pembalap berusia 25 tahun itu justru baru sekali naik podium dari lima balapan yang sudah digelar musim ini dan tercecer di peringkat tujuh klasemen dengan koleksi 34 poin. Sedangkan Verstappen kukuh di puncak klasemen dengan torehan 119 poin usai selalu naik podium dan menyabet tiga kemenangan.



"Charles memiliki kecepatan yang setara dengan Verstappen. Tapi dia kurang pengalaman dalam hal jumlah balapan Grand Prix. Tapi Leclerc masih bisa tumbuh. Saya yakin dia akan berkembang," kata Pierro dilansir dari Planet F1, Minggu (21/5/2023).

Pernyataan Pierro tak berlebihan. Leclerc memang baru membalap dalam 107 seri F1, sementara Verstappen sudah berada di angka 168 balapan.

Pierro pun sangat memuji kehebatan Verstappen yang menurutnya sudah menunjukkan performa yang luar biasa sejak masih usia belia. Alhasil, saat ini pembalap berusia 25 tahun itu berada dalam puncak kariernya.



"Dia sangat cepat. Dia sudah balapan di F1 ketika dia bahkan belum memiliki SIM. Saya ada di sana ketika dia mendapatkan kemenangan pertamanya di Barcelona pada 2016. Dia membuat banyak kesalahan dan kecelakaan setelah itu," jelas Pierro.

"Sekarang dia masih muda dan sudah memiliki banyak pengalaman. Dia adalah pembalap hebat yang sekarang berada di puncak karirnya," tuturnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)