4 Petinju Top Berdarah India, Nomor 3 Dua Kali Juara Dunia

Jum'at, 26 Mei 2023 - 07:00 WIB
loading...
4 Petinju Top Berdarah India, Nomor 3 Dua Kali Juara Dunia
(Searah jam) Amit Panghal, Lekha KC, Nikhat Zareen, Shiva Thapa/Foto/google
A A A
NEW DELHI - India menjadi salah satu negara yang cukup banyak melahirkan petinju dunia terbaik. Hal itu dibuktikan dengan beberapa atlet terbaiknya pernah menjadi juara dunia.

Tak hanya didominasi kaum pria, India juga mencetak beberapa petinju wanita dengan prestasi yang tergolong cemerlang. Sebab itu, tak heran jika beberapa petinju asal India banyak menjadi sorotan dunia.



Kebangkitan tinju India di abad ke-21 memang luar biasa. India secara konsisten menghasilkan talenta tinju kelas atas dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saja Amit Panghal yang turun di kelas terbang dan kelas terbang ringan. Petinju bertubuh mungil itu memenangkan emas pada tahun 2017 di negaranya.

Negara ini memang baru mulai menang secara konsisten di panggung internasional pada awal tahun 2000-an. Tapi sejarah olahraga adu jotos ini cukup panjang di India.

Berikut empat petinju dunia yang berdarah asli India: (H2)

1. Amit Panghal

Amit Panghal merupakan salah satu petinju dunia yang berasal dari negara India. Ia diketahui lahir pada tanggal 16 Oktober 1995 di Desa Mayna, Haryana, India.

Dalam riwayatnya, pria setinggi 157 cm ini masuk dalam kategori divisi kelas terbang. Meskipun bertubuh kecil, dirinya pernah memenangkan emas pada tahun 2017 di negaranya.

Lebih dari itu, Amit Panghal juga menjadi petinju pria India pertama yang memenangkan medali perak Kejuaraan Dunia. Meski begitu, saat ini dirinya tidak lagi menjadi petinju lantaran sudah bertugas di Angkatan Darat India sebagai perwira muda.

2. Lekha KC

Lekha KC lahir di Kannur, Kerala, India pada tanggal 22 April 1981. Ia juga tercatat sebagai petinju berdarah India yang pernah memenangkan empat medali emas di kejuaraan tinju amatir dunia wanita tahun 2006.

Sebelum menjadi juara dunia, ia lebih dulu menjadi juara dan memenangkan medali emas selama enam kali berturut-turut di negaranya, serta mendapat medali perak di kejuaraan Asia 2008. Atas berbagai prestasi yang diraihnya itu, Lekha mendapat penghargaan Dhyan Chand untuk pencapaian seumur hidup pada tahun 2021.

3. Nikhat Zareen

Nikhat Zareen merupakan sosok petinju wanita asal India yang banyak meraih prestasi di tingkat dunia. Diketahui dirinya pernah memenangkan juara dunia sebanyak dua kali sepanjang kariernya.

Dalam riwayatnya, wanita kelahiran 14 juni 1996 ini memenangkan medali emas di Kejuaraan Tinju Dunia Remaja & Junior Wanita AIBA 2011 yang diadakan di Antalya.

Kemudian ia juga kembali memenangkan medali emas di Istanbul 2022 dan Kejuaraan Tinju Dunia Wanita IBA New Delhi 2023. Namun sebelum itu, ia juga pernah mendapatkan emas di Pesta Olahraga Persemakmuran Birmingham 2022.

4. Shiva Thapa

Lahir pada 8 Desember 1993, Shiva Thapa merupakan petinju berprestasi asal India. Dalam riwayatnya, ia sudah memulai profesi yang satu ini sejak usia muda dan berhasil memenangkan medali perak 54 kg di Youth Olympics 2010.

Shiva Thapa tercatat menjadi petinju India termuda yang berkompetisi di Olimpiade ketika tampil di London tahun 2012, saat itu ia berusia 18 tahun.

Setelah kekalahan pada putaran pertama di Olimpiade, Shiva Thapa kemudian melanjutkannya dengan merebut emas di Kejuaraan Asia 2013. Kemudian dilanjutkan dengan memenangkan medali perunggu di kejuaraan dunia 2015.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4067 seconds (0.1#10.140)