Beda Sportscaster Pertandingan Sepak Bola dengan Host Biasa

Selasa, 06 Juni 2023 - 16:59 WIB
loading...
Beda Sportscaster Pertandingan Sepak Bola dengan Host Biasa
Komentator sepak bola yang juga dikenal sebagai sportscaster merupakan seseorang yang mengomentari dan mengulas jalannya pertandingan / Foto: Podcast Aksi Nyata
A A A
JAKARTA - Saat menyaksikan pertandingan sepak bola , Anda tentu sudah tidak asing dengan adanya seorang komentator sepak bola. Komentator sepak bola yang juga dikenal sebagai sportscaster merupakan seseorang yang mengomentari dan mengulas jalannya pertandingan.

Sportscaster bertugas menjelaskan keadaan dalam pertandingan. Lantas, apakah perbedaan komentator sepak bola dengan host-host lainnya?

Perbedaan Sportscaster dengan Host Biasa


Sportscaster alias Komentator Sepakbola Senior, Maruf El Rumi menjelaskan, pada dasarnya seorang sportscaster atau komentator sepak bola adalah penyiar profesional yang memberikan narasi langsung saat tayangan pertandingan sepakbola itu berlangsung.



Seorang komentator sepak bola juga dapat memberikan komentar atau wawasan tentang permainan, pemain, pelatih, atau bahkan penggemar dari pertandingan sepakbola yang sedang berlangsung itu.

Biasanya, terdapat dua komentator sepak bola yang bekerja sama untuk mempresentasikan sebuah acara pertandingan sepakbola, yakni komentator play-by-play, dan komentator warna.

“Sebenarnya di kita ada beberapa istilah. Yang pertama ada yang namanya host, kemudian ada komentator, kemudian ada komentator play-by-play dan komentator warna,” ujar Maruf, dalam Podcast Aksi Nyata, di YouTube Partai Perindo, Senin, (29/5/2023).



Maruf menjelaskan, komentator play-by-play biasanya memiliki background sebagai seorang jurnalis olahraga. Sementara komentator warna sering kali merupakan mantan pemain olahraga yang kerap memberikan wawasan yang menarik dan kisah pribadi yang relevan.

“Kalau host itu kan seperti yang misalnya seperti inilah ya misalnya. Ada juga yang melakukan analisa terhadap jalannya acara, dianggap ahli lah, yaitu bisa jurnalis, atau dia adalah mantan pemain di olahraga yang besar,” tutur Maruf.

“Komentator play-by-play itu seperti misalnya kalau yang kita kenal itu adalah bung Hadi Gunawan, jadi ketika jalannya pertandingan itu dia yang menyampaikan jalannya pertandingan, baru kemudian ditambahin sama komentator, jadi itu sebenarnya yang membedakan,” lanjutnya lagi.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)