Dulu Mendominasi, Kini Don King Jadi Promotor Tinju Kaki Lima?

Kamis, 08 Juni 2023 - 11:28 WIB
loading...
Dulu Mendominasi, Kini Don King Jadi Promotor Tinju Kaki Lima?
Masa kejayaan Don King sebagai promotor tinju dunia kelas wahid sepertinya mulai pudar/Foto/dailymail.co.uk
A A A
LAS VEGAS - Masa kejayaan Don King sebagai promotor tinju dunia kelas wahid sepertinya mulai pudar. Kini, nasib pria yang memiliki rambut khas itu berubah menjadi promotor kecil dengan klien bukan lagi petinju top dunia.

Kerajaan bisnis adu jotos Don King sempat mendominasi pada era 70an sampai 90an. Pria berusia 91 tahun itu menjadi salah satu promotor terbesar dalam tinju dunia dengan memanggungkan legenda tinju Muhammad Ali hingga Mike Tyson.



Don King juga sempat mempromosikan pertarungan tinju seperti Sugar Ray Leonard, Leon Spinks, Roberto Duran, Julio Cesar Chavez, Evander Holyfield, dan Felix Trinidad.

Meski sempat mendominasi, tetapi nasib Don King berubah drastis memasukkan tahun 2000an. Menurut Bill Johnson ada beberapa faktor penyebab jatuhnya dominasi Don King. Pada awal 2000-an, Don King mendapatkan sejumlah permasalahan hukum terkait praktik bisnis yang dilakukannya.



Meski memiliki nama besar sebagai promotor tinju, tetapi strategi bisnis Don King dikritik. Pasalnya, ia menggunakan klausul kontrak yang mengharuskan seorang petinju yang ingin menantang petarungnya harus setuju untuk dipromosikan olehnya di masa depan, jika berhasil mendapatkan kemenangan.

Hal tersebut membuat Don King mendapatkan keuntungan karena bisa mewakili petarung yang mendapatkan kemenangan. Sementara petarung yang enggan menandatangani klausul wajib dari Don King akan sulit mendapatkan pertarungan terutama perebutan gelar.

Selain permasalahan hukum, perubahan industri dan munculnya promotor-promotor yang lebih besar menjadi penyebab Don King sulit mempertahankan dominasinya sebagai promotor papan atas.

Don King kalah di bidang promosi, sehingga membuatnya kesulitan mendapatkan kontrak dari petinju yang bisa membuatnya mendapatkan banyak keuntungan.

Kini, Don King menjadi promotor kaki lima yang bekerja dengan petinju kecil. Meski demikian, dia tetap menjadi sosok berpengaruh dalam tinju. Meski sudah tidak mendominasi seperti dahulu, tetapi Don King masih memiliki pengaruh di dunia tinju hingga saat ini.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)