5 Olahraga Tradisional yang Dimainkan pada Pekan Olahraga Tradisional 2023

Minggu, 11 Juni 2023 - 00:01 WIB
loading...
5 Olahraga Tradisional yang Dimainkan pada Pekan Olahraga Tradisional 2023
5 Olahraga Tradisional yang Dimainkan pada Pekan Olahraga Tradisional 2023
A A A
JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) akan menggelar Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS) IX Tahun 2023 di Open Space Gallery Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat, 12 - 15 Juni 2023 mendatang.

Ajang ini akan diikuti oleh para kawula muda berusia 15-22 tahun dari masing-masing provinsi di Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang per provinsi.

Terdapat lima jenis olahraga tradisional yang akan dipertandingkan pada POTRADNAS IX Tahun 2023, yaitu Hadang, Egrang, Sumpitan, Terompah Panjang, dan Gasing.



Hadang adalah permainan tradisional yang dimainkan secara beregu dengan 8 orang anggota, terdiri dari 5 orang pemain inti dan 3 orang cadangan. Permainan ini juga dikenal dengan sebutan gobak sodor. Pertandingan hadang berlangsung selama 2 x 15 menit, dan pemenangnya ditentukan berdasarkan nilai yang diperoleh salah satu regu setelah pertandingan selesai. Nilai dihitung berdasarkan setiap pemain yang berhasil melewati garis depan hingga garis belakang (mendapat nilai satu) dan melewati garis belakang hingga garis depan (mendapat nilai satu).

Selanjutnya, ada Egrang. Permainan ini merupakan salah satu olahraga tradisional yang berasal dari budaya masyarakat Indonesia. Dalam permainan ini, digunakan alat berupa egrang yang terbuat dari bambu dengan pijakan untuk menopang tubuh pemain. Pemain egrang saling berlomba dalam hal kecepatan, sehingga membutuhkan ketangkasan, kecepatan, dan keseimbangan. Konsep permainan tradisional ini mengajarkan bahwa kehidupan harus seimbang agar mencapai tujuan yang diinginkan.

Selain itu, terdapat juga Sumpitan. Awalnya, sumpit dikenal sebagai senjata berburu, namun seiring berjalannya waktu, sumpit juga menjadi permainan tradisional. Aturan permainan sumpitan sederhana, di mana anak panah sumpit harus mengenai target dari jarak yang telah ditentukan. Meskipun terlihat mudah, permainan ini membutuhkan ketangkasan yang menggabungkan ketenangan dan keterampilan khusus untuk dapat mencapai target yang ditentukan.

Selanjutnya, ada Terompah Panjang. Permainan ini menggunakan kayu panjang dengan ukuran tertentu sebagai alat untuk mengadu kecepatan dengan menempuh jarak yang ditentukan. Biasanya, permainan ini dilakukan oleh tiga orang atau lebih menggunakan sepasang terompah, dengan panjang terompah disesuaikan dengan jumlah orang yang bermain. Kerjasama dan kekompakan menjadi kunci kemenangan dalam permainan tradisional ini.

Terakhir, Gasing merupakan mainan yang dapat berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing termasuk, mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Tidak hanya anak-anak yang menyukai mainan tersebut, melainkan orang dewasa juga ikut memainkannya.

Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Minggu (11/6/2023) mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk melestarikan dan mengembangkan olahraga asli Indonesia yang merupakan budaya bangsa, agar kekayaan budaya khususnya olahraga tradisional semakin diminati di negeri sendiri.

Ia pun menyebutkan pentingnya kegiatan ini untuk terus dilaksanakan di tengah tingginya gempuran game online bagi anak muda Indonesia. “Saat ini, anak-anak muda hobinya main game online. Apa-apa mudah dari genggaman, tidak butuh banyak bergerak. Lamalama ini kan ga baik dampaknya bagi anak muda, baik untuk fisik maupun mentalnya. Selain itu juga untuk membugarkan masyarakat melalui olahraga tradisional," ucapnya.

"Anak muda itu kan butuh bergerak dan bersosialisasi. Makanya permainan dan olahraga tradisional harus terus dilestarikan dan dibudayakan di masyarakat hingga mampu menjadi pilihan permainan bagi anak-anak muda di Indonesia”, tambah Isnanta.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)