Mengenal Petinju Ortodoks, Istilah yang Belum Banyak Diketahui Penggemar

Rabu, 21 Juni 2023 - 20:00 WIB
loading...
Mengenal Petinju Ortodoks, Istilah yang Belum Banyak Diketahui Penggemar
Cukup banyak istilah-istilah di Tinju yang masih belum diketahui publik. Salah satunya adalah petinju dengan gaya bertarung ortodoks. Foto: Ilustrrasi/wallpapercave.com
A A A
JAKARTA - Cukup banyak istilah-istilah di Tinju yang masih belum diketahui publik. Salah satunya adalah petinju dengan gaya bertarung ortodoks.



Saat pertandingan tinju, komentator kerap menyebutkan istilah-istilah yang kadang tidak dimengerti penonton.

Hal itu membuat penonton harus mencari tahu sendiri arti dari istilah-istilah yang diucapkan komentator.

Komentator tinju sering menyebutkan istilah Southpaw dan Ortodoks. Keduanya adalah gaya bertarung petinju untuk menyerang lawannya.

Mengenal Petinju Ortodoks

Ortodoks merupakan istilah bagi petinju yang dominan menggunakan tangan kanan sebagai pulukan terkuatnya.

Biasanya petinju ortodoks menggunakan tangan kirinya untuk jab-jab dan tangan kanan digunakan untuk memberikan pukulan lebih bertenaga.

Sebaliknya dengan petinju kidal yang menggunakan gaya bertarung ortodoks. Mereka akan menggunakan tangan kanan untuk memberikan jab-jab ke lawan dan pukulan keras dengan tangan kiri.

Sementara untuk gerakan ortodoks, petinju akan berposisi kuda-kuda dengan menempatkan kaki kiri dan kanan ada di bagian depan. Sedangkan tangan kanan dan kaki kanan ada di bagian dalam.

Selain itu, petinju dengan gaya bertarung ortodoks membuat lawannya harus terus waspada. Pasalnya, kerap menyulitkan petinju-petinju bergaya southpaw.



Oleksandr Usyk merupakan salah satu petinju dengan gaya bertarung ortodoks. Petinju asal Ukraina itu memiliki rekor bagus dengan 20 kemenangan serta 13 diantaranya KO.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)