Kazuto Ioka Kalahkan Joshua Franco, Rebut Sabuk Juara WBA

Sabtu, 24 Juni 2023 - 23:37 WIB
loading...
Kazuto Ioka Kalahkan Joshua Franco, Rebut Sabuk Juara WBA
Kazuto Ioka Kalahkan Joshua Franco, Rebut Sabuk Juara WBA/Boxing Scene
A A A
Kazuto Ioka mengalahkan Joshua Franco dalam duel ulang dan memenangkan sabuk juara WBA kelas bantam junior di Tokyo, Jepang. Kazuto Ioka tidak meraih kemenangan KO yang ia idam-idamkan, namun ia berhasil memenuhi sumpahnya untuk membuat setiap pukulannya berarti.

Petinju pria satu-satunya dari Jepang yang memenangkan gelar di empat divisi berat badan ini berhasil melakukannya untuk kedua kalinya, saat ia merebut gelar juara kelas bantam junior WBA atas Joshua Franco. Ioka - yang lahir di Osaka dan tinggal di Tokyo, namun berlatih di Las Vegas - mendaratkan lebih banyak pukulan telak selama pertandingan ulang mereka, yang dimenangkannya dengan keputusan mutlak pada Sabtu (24/6/2023) malam ini di Ota-City General Gymnasium, Tokyo, Jepang.



Juri Pawel Kardyni memberikan angka (115-113), Guillermo Perez (116-112) dan Giuseppe Quartarone (116-112) yang menjadi kemenangan mutlak bagi Ioka, yang telah enam kali menjadi juara dunia dalam empat divisi. Prestasi ini terjadi enam bulan setelah Ioka dan Franco dari San Antonio bertarung hingga dua belas ronde dengan hasil imbang mayoritas dalam pertarungan penyatuan gelar kelas bantam junior WBA/WBO pada tanggal 31 Desember di tempat yang sama.

Hanya satu sabuk yang dipertaruhkan dalam pertandingan ulang ini dan hanya bisa dimenangkan oleh Ioka setelah Franco lebih berat enam kilogram dari batas berat badan 52,1 kilogram. Kegagalan yang menyedihkan ini mengakhiri masa-masa singkatnya sebagai pemegang gelar WBA, sementara Ioka masuk sebagai penantang setelah ia melepaskan sabuk juara WBO di luar ring pada awal tahun ini.

Franco membuka pertarungan dengan cara yang mirip dengan pertemuan pertama mereka. Petinju Amerika berusia 26 tahun ini memiliki kekuatan jab dan secara signifikan mengungguli Ioka, yang pukulannya lebih berdampak namun lebih jarang.

Tidak butuh waktu lama bagi Ioka untuk melakukan pemanasan. Ia bertarung dengan semangat tinggi pada ronde kedua dan sempat mengejutkan Franco yang menggunakan gerakan lateral untuk memulihkan diri. Ioka sangat efektif di bagian tubuh dan mampu memojokkan Franco, yang tetap menjadi petarung yang lebih aktif, namun kombinasi serangannya lebih banyak mengenai sarung tangan dan lengan Ioka.

Tren ini akan berlanjut selama beberapa ronde berikutnya. Franco melontarkan pukulan secara bertubi-tubi, namun tidak banyak yang mengenai bagian belakang tubuh lawannya. Ioka terus mengincar tubuh lawannya dan mendaratkan uppercut tajam pada ronde ketiga.


Sebuah pukulan kanan ke arah tubuh dari Ioka mengawali ronde keempat, dimana Franco mulai mendaratkan serangan dengan frekuensi yang lebih tinggi namun dibayangi oleh pukulan Ioka yang lebih bersih dan lebih lurus ke arah tengah. Franco mengalami luka di mata kanannya pada ronde kelima, dimana darah mengalir di sisi wajahnya demi keseimbangan laga.

Aksi ini menjadi lebih dekat pada ronde-ronde pertengahan. Franco menunjukkan peningkatan sejak ronde awal, namun ia tetap kesulitan menghadapi akurasi pukulan Ioka yang lebih baik.

Ioka tidak ingin membiarkan hal itu terjadi begitu saja, namun mulai merasa nyaman dengan penampilannya, saat ia menunjukkan kemampuannya pada akhir ronde kesembilan. Franco memanfaatkan momen ini dan mengungguli lawannya, namun masih belum dapat mendaratkan sebagian besar pukulannya.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)