PBESI Resmi Gelar Liga Esports Nasional

Selasa, 27 Juni 2023 - 18:00 WIB
loading...
PBESI Resmi Gelar Liga Esports Nasional
Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) resmi membuat Liga Esports Nasional. Foto: Rio Eristiawan/Sindonews
A A A
JAKARTA - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) resmi membuat Liga Esports Nasional. Chief Operating Officer (COO) Garudaku, Ricky Setiawan menjelaskan liga itu terbuka, tertata dan tersebar.



Industri esport Indonesia sedang menujukan kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Terbukti dengan beberapa kali Indonesia sukses menjadi juara umum SEA Games.

Prestasi itu membuat PBESI menggagas Liga Nasional, dengan Mobile Legends: Bang Bang(MLBB) sebagai game pertama yang akan di pertandingankan. Pasalnya, Indonesia memiliki pemain MLBB terbesar.

Ricky menjelaskan Liga Esports Nasional terbuka untuk umum baik putra maupun putri. Dia mengatakan liga itu bisa diikuti siapapun yang ingin menjadi atlet esports profesional.

Turnamen ini nantinya akan dibagi menjadi tiga kasta, yakni Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Berarti menerapkan pula sistem promosi dan degradasi.

"Terbuka artinya, liga ini terbuka untuk siapapun di indonesia, dari wilayah manapun, dari tim manapun, baik pria maupun wanita. Liga ini terbuka untuk semua yang mau menjadi atlet esports profesional," kata Ricky kepada awak media termasuk SINDOnews, Selasa (27/6/2023).

Ricky menambahkan Liga Esports Nasional akan diselenggarakan di lima kota Indonesia. Dia juga mengatakan event ini akan tertata dengan wasit serta pelatih untuk Liga 1 dan Liga 2 harus mendapatkan lisensi dari PBESI.

"Tersebar artinya liga ini tidak hanya terpusat di satu kota, tapi tersebar di lima kota sehingga diharapkan liga esports Indonesia bisa dinikmati oleh penggemar esports juga di seluruh Indonesia," jelas Ricky.

"Tertata, artinya liga esports indonesia dibuat sebagai upaya akselerasi ekosistem esports Indonesia. Untuk liga 2 dan liga 1, wasit dan coach harus mendapatkan lisensi dan memenuhi persyaratan-persyaratan profesionalisme yang ditetapkan oleh PBESI," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3129 seconds (0.1#10.140)