NOC Indonesia Beri Penghargaan untuk Cabor Berprestasi di SEA Games 2023

Jum'at, 30 Juni 2023 - 15:18 WIB
loading...
A A A
Pada gelaran SEA Games 2023 lalu Kontingen Indonesia memang mencatatkan hasil yang luar biasa. Tim Merah-Putih menutupnya dengan menempati posisi ketiga di klasemen akhir perolehan medali dengan sukses menyabet 276 medali, dengan raihan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Hasil tersebut pun melampaui target yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seperti diketahui, orang nomor satu di Tanah Air itu menargetkan para atlet terbaik yang berangkat untuk bisa mengais lebih dari 69 emas, yang didapat pada edisi terakhir di SEA Games 2021 Vietnam.

Bahkan, selain memenuhi target presiden, prestasi ini merupakan yang terbaik bagi Indonesia dalam enam edisi terakhir. Dalam lima SEA Games sebelumnya atau sejak 2013, perolehan medali emas Tim Indonesia tidak pernah menyentuh angka 80.

Hebatnya lagi, Tim Indonesia berhasil menjadi juara umum pada delapan cabor, yakni wushu, pencak silat, balap sepeda, tenis, esports, bulutangkis, voli, dan angkat besi. Ada juga beberapa cabor yang berhasil mencetak sejarah, antara lain hoki dan cricket, di mana timnas hoki indoor putra, dan timnas cricket putri kategori 6s untuk pertama kalinya meraih emas di SEA Games.

Tak hanya itu, dua cabor beregu populer lainnya yaitu basket dan sepakbola juga sukses menciptakan sejarah. Timnas Basket 5x5 Putri untuk pertama kalinya meraih emas.

Lalu, ada sejumlah rekor yang dipecahkan oleh Tim Indonesia dari beberapa cabor. Ada 3 lifter Tim Indonesia yang mampu memecahkan rekor SEA Games dari cabor angkat besi. Mereka adalah Eko Yuli Wirawan (kelas 61kg), Rizki Juniansyah (73kg), Rahmat Erwin Abdullah (kelas 81kg).

Sebagai klimaksnya, Timnas Sepakbola Indonesia U-22 akhirnya berhasil melepas dahaga podium tertinggi selama 32 tahun di SEA Games. Dalam pertandingan final yang sengit, Indonesia sukses menumbangkan Thailand dengan skor telak 5-2.


Peraih Award NOC Indonesia atas prestasi di SEA Games 2023 Kamboja:

Cabor Berprestasi SEA GAMES 2023

Juara Umum


- BULU TANGKIS (PP PBSI)

- ANGKAT BESI (PB PABSI)

- BALAP SEPEDA (PB ISSI)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)