Timnas Putri Indonesia U-19 Menggila Lawan Laos, Rudy Eka Tetap Punya Evaluasi

Sabtu, 08 Juli 2023 - 18:01 WIB
loading...
Timnas Putri Indonesia U-19 Menggila Lawan Laos, Rudy Eka Tetap Punya Evaluasi
Pesepak bola Timnas Wanita Indonesia U-19 Claudia Alexandra Scheunemann (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Laos. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
A A A
PALEMBANG - Timnas Putri Indonesia U-19 menunjukkan performa gemilang dengan meraih kemenangan telak atas Laos dalam laga kedua fase grup Piala AFF Putri U-19 . Meski demikian, pelatih mereka, Rudy Eka, mengungkapkan bahwa masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dari pertandingan tersebut.

Pertandingan antara kedua negara tersebut berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, pada Jumat (7/7/2023) malam WIB. Garuda Pertiwi Muda berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-1.

"Tadi memang pertandingan cukup melelahkan, kami bermain tidak terlalu cerdas, sehingga kami sering melakukan tendangan jauh dan berlari, akibatnya terjadi benturan-benturan yang cukup banyak," jelas Rudy seperti dilansir dari laman resmi PSSI, Sabtu (8/7/2023).



Salah satu hal yang menjadi keprihatinan bagi pelatih tersebut adalah kartu kuning yang diterima oleh salah satu pemain andalannya, Marsela Yuliana Awi. Jika dia mendapatkan kartu kuning lagi, maka dia akan absen di babak semifinal.

"Kami harus mempertimbangkan situasi ini, terutama karena Awi sudah mendapatkan kartu kuning. Jika dia mendapatkan kartu kuning lagi besok, dia tidak dapat bermain di semifinal. Jadi, kami perlu memikirkan bagaimana menghadapi pertandingan berikutnya tanpa menggunakan Awi," jelasnya.

Rudy juga mengakui bahwa dia terkejut dengan gol pertama yang dicetak oleh Laos pada menit ke-12. Namun, untungnya, para pemainnya mampu bangkit dan berhasil membalikkan keadaan menjadi skor 4-1.

"Itu juga adalah kesalahan dari para pemain saat membangun serangan, mereka tidak saling membantu untuk mencari celah, mereka terlalu jauh dan kurang percaya diri saat menguasai bola," tutur Rudy.

"Namun, setelah kami berhasil mencetak gol, para pemain lebih nyaman dalam menjalani pertandingan. Kami bersyukur atas kemenangan ini," tambahnya.

Timnas Putri Indonesia U-19 akan melakoni laga terakhir di fase Grup A melawan Kamboja pada Minggu (9/7/2023) pukul 19:30 WIB. Saat ini, tim asuhan Rudy Eka berada di puncak klasemen dengan raihan enam poin dan unggul selisih gol dari Kamboja yang berada di posisi kedua.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0939 seconds (0.1#10.140)