Usai Penantian Panjang, Kejurnas Rally Akhirnya Kembali Hadir di Kalimantan

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 13:02 WIB
loading...
Usai Penantian Panjang, Kejurnas Rally Akhirnya Kembali Hadir di Kalimantan
Kejuaraan Nasional Rally putarana kedua bertajuk South Borneo Rally 2023 menjadi arena baru bagi para pereli nasional dalam memperebutkan poin kejuaraan. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kejuaraan Nasional Rally putaran kedua bertajuk South Borneo Rally 2023 di Tapin, Kalimantan Selatan, pada 4-6 Agustus 2023 menjadi arena baru bagi para pereli nasional dalam memperebutkan poin kejuaraan.

Kejurnas rally di Kalimantan ini menjadi yang pertama dalam 10 tahun belakangan. Event rally kali terakhir digelar di Bumi Borneo ini pada 2013, yakni di Binuang.

Di hari pertama kompetisi, Jumat, 4 Agustus 2023, para pereli harus bekerja keras untuk menaklukkan karakter sirkuit yang memiliki sejumlah rintangan. Lintasan beragam ini terdiri dari tanah, medan berbatu, hingga aspal.



Ketua Penyelenggara South Borneo Rally 2023, HM Prayudha menyebutkan bahwa melalui rangkaian event ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif, tidak hanya untuk kalangan pereli, tetapi juga kepada masyarakat.

"Kita berharap rangkaian dari Kejurnas Rally 2023 yang dilaksanakan di Kabupaten Tapin dan Banjar ini akan berkesinambungan serta menjadi ajang promosi potensi daerah, dan memberikan peningkatan positif bagi perekonomian Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya, dan juga dalam pengembangan prestasi olahraga otomotif pada tahun-tahun mendatang," papar HM Prayudha dalam keterangannya, Sabtu (5/8/2023).

Puluhan mobil rally berspesifikasi tinggi telah didatangkan untuk mengikuti rangkaian tersebut. Di antaranya Hyundai i20 WRC2, Ford R5, Skoda Fabia R5, Citroen C3 WRC2, dan Toyota GR Yaris AP4, serta beberapa mobil rally lainnya yang telah dipersiapkan dengan matang agar bisa menampilkan performa terbaiknya.

Salah satu pereli yang tampil dan bertindak sebagai tuan rumah, HAR Prayoga dari tim HRVRT BMB, mengungkapkan, sebagai putra daerah, dia ingin memberikan hasil yang terbaik dalam laga ini. Dia berharap bisa memberikan kado spesial kepada masyarakat setempat.

"Sebagai pereli tuan rumah, kami ingin memberikan yang terbaik. Segala persiapan telah dilakukan, baik dari mobil, serta beberapa hal pendukung lainnya. Semoga nanti kami bisa meraih kemenangan dan menjaga kandang kami tetap milik kami," tutur HAR Prayoga.



Sementara itu, keseluruhan jarak yang bakal dilakoni pereli nasional dalam putaran kedua ini akan menempuh 321,15 kilometer terbagi menjadi 13 Special Stage (SS) dan diselenggarakan di beberapa kawasan seperti Rantau Baru, Kampil, Rantau Bakula, Batu Belawang, dan Pulau Pinang.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)