5 Pemain dengan Biaya Transfer Gabungan Tertinggi: Lionel Messi Tak Masuk Daftar

Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:03 WIB
loading...
A A A
PSG kemudian mengontrak penyerang tersebut dengan biaya rekor dunia sebesar 222 juta euro pada musim panas 2017, sebuah langkah yang mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh Eropa dan menyebabkan Barcelona terjerumus ke dalam hutang untuk mencoba menggantikannya.

Pemain berusia 31 tahun itu hampir pindah ke Al-Hilal dengan biaya yang ditaksir senilai 90 juta. Ini yang membuat namanya kembali menempati posisi teratas sebagai pemain dengan biaya transfer gabungan tertinggi.

Jika langkah Al-Hilal mendatangkan Neymar seharga 90 juta euro, maka bintang Brasil itu secara keseluruhan sudah mengumpulkan 400 juta euro atau sekira Rp6,6 triliun.

2. Romelu Lukaku (333 juta euro)

Mungkin tak ada yang pernah menyangka jika Romelu Lukaku menempati posisi kedua sebagai pemain dengan biaya transfer gabungan tertinggi. Jika mengacu dari transfermarkt, penyerang asal Belgia itu bergabung dengan Chelsea dari Anderlecht dalam kesepakatan 15 juta euro pada 2011 dan dijual ke Everton dengan keuntungan 35 juta euro pada 2014.

Selang tiga tahun kemudian, Manchester United menebus kepindahan Lukaku dari Everton dengan biaya transfer 84 juta euro. Setelah itu, Lukaku memutuskan pindah ke Inter Milan dengan biaya 74 juta euro.

Setelah mencetak 64 gol dalam 95 pertandingan bersama Inter, Chelsea setuju untuk membayar kepulangannya ke Stamford Bridge senilai 113 juta euro pada 2021. Namun, kepulangan Lukaku tak berjalan mulus.

Penampilan Lukaku bersama Chelsea berada di bawah ekspektasi penggemar. Meski demikian, Lukaku mampu mengantongi biaya transfer gabungan tertinggi sebesar 333 juta euro atau sekira Rp5,5 miliar. Itu sudah termasuk dengan biaya atau bonus yang didapat selama ia dipinjamkan ke beberapa klub.

3. Cristiano Ronaldo (247 juta)

Awalnya Ronaldo didatangkan Manchester United dengan biaya 19 juta euro dari Sporting Lisbon. Tetapi selama bermain untuk Setan Merah, CR7 berkembang menjadi salah satu pemain terbaik dunia di Old Trafford.

Real Madrid kemudian membawa pemain sayap itu ke Spanyol seharga 94 juta euro pada 2009. Harga yang diberikan Los Blancos terbayar lunas, sebab dia mampu memberikan kontribusi yang baik dengan mencetak 450 gol dalam 438 penampilan di semua kompetisi.

Setelah memenangkan dua gelar Liga Spanyol dan empat Liga Champions bersama Los Blancos, pemain berusia 36 tahun itu menyelesaikan kepindahan 117 juta euro ke Juventus pada 2018.

Ronaldo kemudian kembali ke Old Trafford dan menandatangani kontrak dari Juventus dengan bayaran kecil 17 juta. Namun kepulangannya ke Setan Merah tak semanis ketika ia pertama kali menginjakkan kakinya di Old Trafford. Alhasil, dia memutuskan hijrah ke Al-Nassr dengan status bebas transfer. Jika menghitung biaya transfer gabungan, Ronaldo setidaknya menerima 247 juta euro (Rp4,1 triliun).

4. Ousmane Dembele (220 juta)

Borussia Dortmund dikenal sebagai salah satu klub yang mampu melihat potensi talenta muda lapangan hijau. Pada 2016, mereka merekrut Dembele dari Rennes hanya dengan 35 juta euro.

Setelah hanya setahun di Jerman, pemain sayap itu bergabung dengan Barcelona sebagai pengganti langsung Neymar dalam kesepakatan 135 juta euro, membantu Dortmund mendanai enam transfer brilian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)