Kalahkan Christina Linardatou, Alycia Baumgardner Bantah Pakai Zat Terlarang

Kamis, 17 Agustus 2023 - 23:24 WIB
loading...
Kalahkan Christina Linardatou, Alycia Baumgardner Bantah Pakai Zat Terlarang
Alycia Baumgardner menegaskan bahwa dirinya tidak menggunakan zat terlarang apa pun dalam kemenangannya atas Christina Linardatou. / Foto: Instagram @alyciabaumgardner
A A A
DETROIT - Alycia Baumgardner, juara dunia tinju wanita kelas bulu super tak terbantahkan, menegaskan bahwa dirinya tidak menggunakan zat terlarang apa pun dalam kemenangannya atas Christina Linardatou. Baumgardner sukses mempertahankan statusnya dengan mengalahkan Linardatou melalui keputusan mutlak dalam duel ulang yang berlangsung pada Juli lalu itu.

Dalam duel ulang tersebut, Baumgardner berhasil membalas kekalahan dari Linardatou yang terjadi pada Juli 2018. Kala itu, Baumgardner menderita kekalahan angka split decision. Hasil tersebut menjadi satu-satunya kekalahan selama karier profesional Baumgardner.

Sebelumnya, petinju wanita asal Amerika Serikat ini mendapatkan 'hasil analisa yang merugikan' dan menghadapi 'investigasi penuh' usai kemenangan tersebut. Akan tetapi, perusahaan promotor yang menaungi Baumgardner, Matchroom Boxing telah mengonfirmasi jika sudah mendaftarkan temuan yang tidak sesuai dalam sebuah tes acak.



"Matchroom hari ini dapat mengonfirmasi bahwa Alycia Baumgardner mengembalikan hasil analisis yang merugikan sebagai bagian dari protokol antidoping acak yang dilakukan secara sukarela untuk pertarungannya dengan Christina Linardatou di Detroit pada 15 Juli. Matchroom kali pertama diberitahu tentang hasil ini pada tanggal 12 Agustus," jelas pihak promotor dalam pernyataan resminya.

"Otoritas regulasi yang berlaku juga sudah mengetahui dan kami tunduk pada badan-badan tersebut untuk tindakan lebih lanjut dan panduan saat penyelidikan penuh dilakukan."

Lebih lanjut, Matchroom menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mempromosikan olahraga yang bersih dan adil bagi semua atlet, dan akan membantu Alycia Baumgardner dan timnya selama masa ini, memberikannya proses yang sesuai.

Baumgardner sendiri juga menepis bahwa dirinya menggunakan zat terlarang, dan bersumpah untuk membersihkan namanya.

Kalahkan Christina Linardatou, Alycia Baumgardner Bantah Pakai Zat Terlarang
(Foto: Instagram @alyciabaumgardner)

"Pada 12 Agustus 2023, saya diberitahu bahwa 'Sampel' yang saya berikan pada 12 Juli 2023 menghasilkan 'Temuan Analitik yang Merugikan' dari metabolit mesterolon dan metenolon asetat, dua zat yang tidak pernah saya dengar atau gunakan dengan cara apa pun," demikian pernyataan Baumgardner yang diunggah dalam akun media sosialnya.

"Sampel yang diberikan segera setelah laga saya pada 15 Juli 2023 dinyatakan bersih dan negatif dari semua zat terlarang, seperti halnya sampel saya pada 16 Juni 2023, yang membuat hasil pada tanggal 12 Juli itu pada dasarnya tidak mungkin," sambungnya.

"Untuk memperjelas, saya mengetahui bahwa saya tidak pernah, tidak akan pernah, dan tidak akan pernah menggunakan obat ini atau obat lainnya. Tidak hanya tidak etis, tetapi juga sangat bertentangan dengan cara saya berlatih sepanjang karier saya," terang wanita 29 tahun ini.

Baumgardner pun menyebutkan bahwa sebagai seorang atlet profesional, dia sendiri yang bertanggung jawab atas apa yang dimasukkan ke dalam tubuhnya, dan tubuhnya adalah bait suci.

"Saya juga menjadi panutan yang membanggakan bagi wanita atau wanita muda yang ingin mengikuti jejak saya. Saya mengambil tanggung jawab tersebut dengan sangat serius - itulah sebabnya saya tahu bahwa saya tidak dan tidak akan pernah memasukkan zat-zat ini ke dalam tubuh saya," jelas dia.

"Masih banyak yang bisa saya ceritakan tentang perjalanan saya dan mengapa gagasan bahwa saya mengonsumsi zat ilegal, terlarang, atau bahkan berbahaya tidak akan pernah masuk akal. Jadi saya tidak berniat untuk duduk diam dan membiarkan hal ini 'dimainkan'. Saya berencana untuk terus memberi kabar kepada Anda semua di setiap langkah saya untuk memastikan reputasi saya sebagai atlet yang bersih tetap terjaga," pungkasnya.

Kalahkan Christina Linardatou, Alycia Baumgardner Bantah Pakai Zat Terlarang
(Foto: Instagram @alyciabaumgardner)

Sementara itu, Dewan Tinju Dunia (WBC) juga menyampaikan jika pihaknya tengah melakukan investigasi setelah menerima pemberitahuan tentang temuan negatif yang muncul dari tes yang dilakukan Drug Free Sport.

"Temuan merugikan yang dimaksud muncul dari pengambilan sampel dan tes antidoping yang diberikan oleh Drug Free Sport, dan bukan sebagai bagian dari Program Tinju Bersih WBC," sebut WBC dalam pernyataannya.



"Oleh karena itu, WBC akan memulai prosedur pemberitahuan, investigasi, dan manajemen hasil untuk pertandingan Kejuaraan Dunia WBC yang konsisten dengan Peraturan & Regulasi WBC."
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)