Kronologi Komang Teguh dan Titan Agung Tak Bisa Tampil di Piala AFF U-23 2023

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 04:04 WIB
loading...
Kronologi Komang Teguh dan Titan Agung Tak Bisa Tampil di Piala AFF U-23 2023
Kronologi Komang Teguh dan Titan Agung Tak Bisa Tampil di Piala AFF U-23 2023
A A A
JAKARTA - Manajer Timnas Indonesia U-23 , Endri Erawan, mengungkapkan alasan di balik absennya Komang Teguh dan Titan Agung dalam skuad yang akan tampil di Piala AFF U-23 2023. Keputusan ini dipicu oleh kebijakan AFC yang menganggap Piala AFF U-23 sebagai pertandingan persahabatan, sehingga keduanya masih berada di bawah sanksi.

Komang Teguh dan Titan Agung merupakan dua pemain Timnas Indonesia U-22 yang mendapat sanksi dari AFC setelah terlibat dalam insiden keributan di final SEA Games 2023 Kamboja. Kedua pemain ini dilarang tampil dalam enam pertandingan dan denda sebesar USD1.000 atau sekitar Rp15,3 juta.



Meskipun PSSI telah berkomunikasi dengan AFC untuk mencari klarifikasi mengenai sanksi yang diberikan pada Komang Teguh dan Titan Agung, terutama terkait dengan keikutsertaan mereka di kompetisi seperti Piala AFF U-23, namun AFC tidak memberikan penjelasan rinci mengenai hal ini.

"AFC melalui surat tanggal 14 Juli, kita disanksi saat friendly match saja pada kategori umur yang sama dengan SEA games (berdasarkan technical handbook SEA Games, yaitu 22 tahun ke bawah) tanpa menjelaskan detail mengenai friendly match," kata Endri Erawan seperti yang dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (18/8/2023).

Lebih lanjut, Endri Erawan mengungkapkan bahwa AFC telah memberikan penjelasan mengenai status sanksi yang diterapkan pada Komang Teguh dan Titan Agung. Sayangnya, Piala AFF U-23 tidak termasuk dalam kategori yang diawasi oleh AFC, sehingga keduanya tidak dapat berpartisipasi.

"Setelah itu kita menanyakan lewat email pada tanggal 2 Agustus apakah AFF merupakan kategori friendly match atau bukan. Karena berdasarkan AFC disciplinary code ada perbedaan antara friendly international match dan internasional turnamen. Dibalas AFC melalui surat pada tanggal 15 Agustus, isinya bahwa AFF termasuk kategori friendly match karena tidak diorganisasi oleh AFC, di mana saat surat ini diterima posisi tim sudah berada di Thailand," jelasnya.

Mengenai nasib Komang Teguh dan Titan Agung, Endri Erawan menjelaskan bahwa keduanya telah dicoret dari daftar pemain Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala AFF U-23 2023. Ia menambahkan bahwa keduanya akan dipulangkan ke klub masing-masing.

"Dengan ini, PSSI telah mencoret Komang Teguh dan Titan Agung dari final registrasi daftar pemain untuk Piala AFF U-23 2023. Kami juga akan mengembalikan mereka ke klub masing-masing," tutupnya.

Harapannya pada awalnya, Komang Teguh dan Titan Agung merupakan bagian dari Timnas Indonesia U-23 dan telah berpartisipasi dalam pemusatan latihan (TC) tim. Bahkan, kedua pemain ini telah berada di Thailand sejak Senin (14/8/2023).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)