Tim Privatir Ducati Kejutkan Kawasaki di Tes Terakhir WSBK 2017

Senin, 20 Februari 2017 - 17:25 WIB
Tim Privatir Ducati Kejutkan Kawasaki di Tes Terakhir WSBK 2017
Tim Privatir Ducati Kejutkan Kawasaki di Tes Terakhir WSBK 2017
A A A
PHILLIP ISLAND - Setelah di Sirkuit Jerez (24-25 Januari) dan Sirkuit Portimao (28-29 Januari), tes pramusim Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2017 memasuki bagian terakhir. Hari pertama tes pramusim III digeber di Sirkuit Phillip Island, Senin (20/2).

Ya, sebelum memulai seri pertama Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2017 di Sirkuit Phillip Island, Australia, Sabtu-Minggu (25-26 Februari) ini. Seluruh pembalap peserta masih diberi kesempatan terakhir memanaskan mesin hingga beradaptasi dengan cuaca. Hal itu terjadi pada tes pramusim III WSBK 2017 di tempat yang sama dan dimulai Senin (20/2).

Sayangnya, di sepanjang hari pertama tes Phillip Island, cuaca tak bersahabat dengan para pembalap. Guyuran hujan sebentar-sebentar turun dan membasahi lintasan, walau sinar matahari juga muncul melengkapi derasnya tiupan angin dari pantai. Bahkan beberapa burung camar ikut hadir di trek dan sempat membuat direktur lomba mengibarkan bendera merah.

Di tengah cuaca campur aduk ini, kejutan muncul di lintasan. Berkat torehan 1 menit 31,412 detik yang dibuatnya dalam satu putaran Phillip Island. Pembalap tim privatir Barni Racing, Javier ‘Xavi’ Fores, sukses memuncaki daftar catatan waktu tercepat hari pertama tes pramusim III WSBK 2017 di Phillip Island.

Pembalap Spanyol berusia 21 tahun itu mampu mengasapi juara bertahan dua musim terakhir, Jonathan ‘Jhonny’ Rea. Xavi Fores yang memacu motor Ducati Paginale R, unggul 0,411 detik dari joki tim Kawasaki tersebut.

Jhonny Rea dilaporkan GPOne dan situs resmi WSBK, hanya menyelesaikan 21 putaran pada hari pertama tes Phillip Island. Pembalap dari Irlandia Utara itu lebih banyak menghabiskan sesi pagi di garasinya karena cuaca buruk. Walau begitu, pria 30 tahun itu masih sanggup berada 0,804 detik di depan jagoan baru tim Aruba.it Ducati, Marco Melandri, pembalap Italia tercepat di hari pertama yang melahap 39 putaran.

Satu poin positif juga didapat oleh tim Yamaha. Pembalap baru mereka, Michael van der Mark, mampu menempati posisi keempat tercepat di hari pertama tes, walau masih tertinggal 1,028 detik dari Fores.

Setelah diselingi oleh Leon Camier (MV Agusta), rekan setim Rea yaitu Tom Sykes, menyelesaikan hari pertama tes di urutan keenam tercepat (+ 1,251 detik) dengan pembalap satelit Kawasaki dari tim Pedercini Racing, Alex De Angelis, menguntit 0,024 detik di belakangnya.

Posisi mereka berdua lebih baik dari Chaz Davies, calon penantang kuat Rea di perebutan gelar juara dunia WSBK 2017. Karena tak mau mengambil risiko, rekan setim Melandri di Aruba.it Ducati itu kurang ngotot dan terpaut 1,311 detik dari Fores. Selanjutnya melengkapi 10 besar tercepat ada Lorenzo Savadori (Milwaukee Aprilia) dan Alex Lowes (Yamaha).

Sementara itu, dua pembalap tim Honda, Nicky Hayden serta Stefan Bradl, menutup hari pertama tes di luar 10 besar, yakni di posisi 11 dan 12. Ditenggarai, mereka berdua ditugasi untuk melahap lap sebanyak mungkin selama tes di atas spesifikasi baru CBR1000RR Fireblade 2.

Adapun, hari kedua tes pramusim III WSBK 2017 di Sirkuit Phillip Island, Australia, bakal digeber pada Selasa (21/2) mulai pukul 09:10 waktu setempat.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1140 seconds (0.1#10.140)