Thom Haye Buka Peluang Gabung Timnas Indonesia setelah Gagal Tembus Skuad Belanda

Kamis, 24 Agustus 2023 - 14:19 WIB
loading...
Thom Haye Buka Peluang Gabung Timnas Indonesia setelah Gagal Tembus Skuad Belanda
Thom Haye Buka Peluang Gabung Timnas Indonesia setelah Gagal Tembus Skuad Belanda
A A A
HEERENVEEN - Gelandang SC Heerenveen, Thom Haye , mengakui bahwa sulit baginya untuk mendapatkan tempat di dalam skuad Timnas Belanda. Oleh karena itu, ia membuka kemungkinan untuk bermain bersama Timnas Indonesia.

Thom Haye telah menjadi pemain reguler dalam berbagai tingkatan timnas muda Belanda, termasuk U-15, U-16, U-17, U-19, U-20, dan U-21. Prestasinya mencakup meraih gelar Piala Eropa U-17 pada tahun 2012 dan 2011.



Namun, mengingat persaingan yang ketat di lini tengah timnas senior Belanda, Thom Haye menghadapi kesulitan untuk mendapatkan panggilan ke skuad utama. Oleh karena itu, ia mulai mempertimbangkan peluang untuk memperkuat Timnas Indonesia, mengingat akar keluarganya yang ada di sana.

Thom Haye memiliki akar keluarga dari Solo dan Sulawesi. Meskipun belum mengambil keputusan akhir untuk menjadi pemain naturalisasi Indonesia, ia menyadari bahwa peluang bermain di timnas senior Belanda semakin tipis.

"Belum (memutuskan pilihan), tapi harus realistis sedikit, saya pasti tidak akan pernah bermain untuk Belanda," kata Thom Haye seperti yang dikutip dari Voetbalzone pada Kamis (24/8/2023).

Meskipun ada peluang untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, Thom Haye tetap ingin mempertahankan fokus dan tidak ingin terlalu jauh menduga hal tersebut. Dia juga mencatat bahwa banyak anggota keluarganya berada di Indonesia.

"Saya mendengar ada peluang bermain untuk (Timnas) Indonesia, tapi belum terjadi. Terdengar seperti sesuatu yang bagus. Tapi saya tidak akan memikirkannya terlalu dalam sampai menjadi lebih konkret. Saya harus melihat apakah itu cocok untuk saya," jelasnya.

"Saya juga tidak tahu bagaimana mekanisme kerjanya. Kakek dan nenek saya berasal dari Indonesia. Ini berarti saya memiliki hubungan dengan negara ini. Keluarga saya juga tinggal di sana," tambahnya.

Meskipun belum pernah bertemu dengan keluarganya di Indonesia, Thom Haye mengungkapkan bahwa ia tetap memiliki kontak dengan mereka dan selalu ingin bertemu. Pemain berusia 28 tahun ini juga mencatat bahwa banyak netizen Indonesia yang menyebut-nyebutnya dalam konteks spekulasi menjadi pemain naturalisasi.

"Saya belum pernah bertemu mereka, tetapi kami masih berkomunikasi. Saya selalu mengatakan bahwa saya ingin pergi ke sana suatu hari untuk melihat mereka, sehingga saya memiliki hubungan dengan negara ini (Timnas Indonesia)," lanjutnya.

"Setiap hari, saya di-tag oleh orang-orang Indonesia di media sosial, jadi saya sering melihatnya. Banyak berdasarkan spekulasi. Saya tidak tahu siapa yang memenuhi syarat atau tidak untuk tampil bersama Indonesia," tutupnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)