Sentuhan Ajaib Fernando Valente Bikin Arema FC Tampil Beda

Rabu, 30 Agustus 2023 - 01:02 WIB
loading...
Sentuhan Ajaib Fernando Valente Bikin Arema FC Tampil Beda
Sentuhan ajaib Fernando Valente. Mungkin itu yang terucap dari penggemar Arema FC saat tim kesayangan mereka merebut kemenangan perdananya di Liga 1 2023/2024 / Foto: Arema
A A A
GIANYAR - Sentuhan ajaib Fernando Valente. Mungkin itu yang terucap dari penggemar Arema FC saat tim kesayangan mereka merebut kemenangan perdananya di Liga 1 2023/2024.

Pada pertandingan pekan 10, Arema menang tipis 1-0 atas Persikabo di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (28/8/2023). Menariknya, pelatih berhasil mengesampingkan ketergantungannya kepada Gustavo Almeida.

Fernando Valente membagikan tips bagaimana ia mampu mengatasi permasalahan di Arema hingga akhirnya mampu merebut kemenangan pertama di Liga 1 musim ini. Dia menuturkan perubahan pola latihan menjadi kunci keberhasilan tim.



Baginya, berlatih lebih banyak menggunakan bola menjadi kunci agar timnya bisa menguasai permainan lebih lama dan membuka kesempatan mencetak gol. "Saya bermain sepak bola harus dengan bola. Tentu saja di banyak negara, banyak di negara-negara itu di pertandingannya banyak lari saja, dasar kunci dari pekerjaan saya adalah membuat pemain itu paham, bagaimana pada saat kita minta bola," ucap Fernando Valente.

Fernando Valente menambahkan, ia juga perlu membenahi organisasi permainan yang dianggapnya berantakan. Hal ini juga yang dirasa cukup berpengaruh pada permainan tim kebanggaan masyarakat Malang di sembilan pertandingan sebelumnya.

"Paling penting membuat tim ini menjadi lebih terorganisir, dan menjadi seimbang, tapi tentunya dengan bola. Dan itulah hal yang paling sulit dalam pekerjaan saya, itulah yang saya percaya dalam pekerjaan saya," terang dia.



Hal yang juga dibenahi pelatih berkebangsaan Portugal adalah sistem pertahanan timnya. Penguasaan bola menjadi yang ditekankan bagi timnya, karena bagi filosofi Valente adalah ide dia yang ingin ia terapkan, termasuk ketika kehilangan bola maka sebisa mungkin melakukan pressure atau menekan bola yang dikuasai lawan.

"Jadi ide-ide yang saya percayai adalah seperti itu dan akan bisa dijelaskan oleh pemain saya. Itulah apa yang kita akan kita kerjakan, selalu dengan bola, selama mungkin dan sebisa mungkin, karena dengan penguasaan bola akan bisa mencetak gol," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)