Kisah Inspiratif Rina Marlina Atlet Indonesia di Asian Para Games 2023

Minggu, 17 September 2023 - 17:01 WIB
loading...
Kisah Inspiratif Rina Marlina Atlet Indonesia di Asian Para Games 2023
Kisah Inspiratif Rina Marlina Atlet Indonesia di Asian Para Games 2023. Foto: Repro/iNews TV
A A A
SOLO - Rina Marlina adalah salah satu atlet parabadminton putri andalan Indonesia yang tengah dipersiapkan untuk Asian Para Games 2023 dan Paralimpiade Paris 2024 oleh National Paralympic Committee (NPC) Indonesia. Namun, perjalanan hidupnya menuju prestasi ini tidaklah mudah.

Sebagai anak tunggal, Rina harus membantu ibunya, Aminah, untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya setelah ditinggalkan oleh ayahnya saat ia masih berusia kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Di usia yang sangat muda, Rina mencari penghasilan dengan menjadi wasit pertandingan antar-kampung di GOR (Gelanggang Olah Raga) setempat.

"Kebetulan di dekat rumah saya ada GOR (Gelanggang Olah Raga) kampung gitu. Setiap hari suka ada yang main badminton, kaya bapak-bapak gitu. Saya disitu jadi wasit. Jadi buat tambah uang jajan. Satu partainya dihargai Rp2 ribu," kata Rina dikutip iNews TV, Minggu (17/9/2023).



Ketika dewasa, Rina bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) dan tukang ojek untuk membantu ibunya. Meskipun hanya lulusan SD, Rina menerima pekerjaan tersebut dengan ikhlas. Namun, hasratnya untuk bermain bulu tangkis tidak pernah padam.

Rina akhirnya berani mengikuti turnamen bulu tangkis tingkat provinsi di Rajapolah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Bakatnya menarik perhatian perwakilan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia cabang Tasikmalaya yang melihatnya bermain. Mereka mengajak Rina untuk bergabung dengan NPC Indonesia.

Setelah pertemuan tersebut, Rina mulai mewakili Tasikmalaya di berbagai kejuaraan bulu tangkis. Prestasinya semakin menanjak, dan ia bahkan meraih medali perunggu dalam salah satu Kejuaraan di China pada tahun 2019. Sampai saat ini, Rina telah mengumpulkan total 10 medali dari berbagai ajang kompetisi.

Rina sekarang ditargetkan menjadi andalan Tim Indonesia untuk meraih medali di Asian Para Games 2023. Targetnya mencakup dua medali emas untuk nomor ganda campuran dan tunggal putri, serta empat medali emas untuk nomor beregu.

Perjuangan Rina Marlina dari menjadi Asisten Rumah Tangga hingga menjadi atlet parabadminton berprestasi adalah inspirasi bagi banyak orang. Ia membuktikan bahwa dengan tekad dan kerja keras, seseorang dapat mencapai prestasi luar biasa bahkan dari latar belakang yang sederhana.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)