Juara dengan Ban Hancur, Lewis Hamilton : Baru Kali ini Terjadi

Minggu, 02 Agustus 2020 - 23:58 WIB
loading...
Juara dengan Ban Hancur, Lewis Hamilton : Baru Kali ini Terjadi
Lewis Hamilton keluar sebagai pemenang di GP Inggris meski sebelum garis finis ban mobilnya hancur. Foto : Reuters
A A A
SILVERSTONE - Lewis Hamilton sama sekali tak mengira perjuangannya untuk meraih juara di GP Inggris dilalui secara dramatis. Ia harus mengendarai jet daratnya dengan kondisi ban depan yang hancur jelang masuk masuk finis.

Seri ketiga F1 musim 2020 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu (2/8/2020) malam, memang diwarnai sejumlah insiden. Di lap kedu misalnya, sejumlah kecelakaan sempat mewarnai jalannya balapan yang melibatkan pembalap Red Bull Racing, Alexander Albon, dan driver dari tim Haas, Kevin Magnussen. (Baca juga : Kecelakaan Hebat Warnai Awal Lomba F1 GP Inggris 2020 )

Tak sampai di situ, di sisa perlombaan, Valtteri Bottas yang tengah membuntuti Hamilton tiba-tiba mengalami nasib sial. Mobilnya terbakar di bagian ban hingga kehilangan tempat kedua. (Baca juga : Mobil Bottas Terbakar, Lewis Hamilton Kampiun di Sirkuit Silverstone )

Pembalap Mercedes yang sudah di atas angin itu kemudian memacu kendarannya lebih kencang lagi. Di tengah upaya masuk finis atau tepatnya di lap terakhir giliran Hamilton yang bermasalah. Ban bagian depannya hancur. Ia pun tak bisa memaksakan mobil untuk melaju dalam kecepatan tinggi. Beruntung Hamilton bisa menjaga jarak dengan Max Verstappen yang ada di posisi kedua.

"Saya benar-benar tidak pernah mengalami hal seperti itu di lap terakhir. Sampai putaran terakhir segalanya relatif lancar. Ban terasa luar biasa," kata Hamilton dilansir Reuters.

"Saya mendengar bahwa bannya (Bottas) hilang dan saya hanya melihat ban saya dan semuanya tampak baik-baik saja. Mobil itu masih berputar tanpa masalah. Namun begitu ingin memasuki putaran terakhir, ban saya mulai kempes. Saya hanya berdoa untuk memacu mobil agar tidak melambat. Saya hampir tidak menyiasati beberapa sudut terakhir. Syukurlah kami berhasil," ungkap Hamilton.

Buat Hamilton kemenangan di kandang sendiri merupakan yang ketiga musim ini. Sebelumnya ia sudah naik podium pertama di GP Sytrian dam GP Hungaria. Sukses itu juga sekaligus mendekatkan rekor Hamilton dengan Michael Schumacher yang memenangkan 91 balalan. Hamilton kini baru mengoleksi 87 kemenangan.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2704 seconds (0.1#10.140)