Youssoufa Moukoko, Anak di Bawah Umur Pertama yang Bermain di Bundesliga

Senin, 03 Agustus 2020 - 23:05 WIB
loading...
Youssoufa Moukoko, Anak di Bawah Umur Pertama yang Bermain di Bundesliga
Youssoufa Moukoko.Foto/NewsBezer
A A A
DORTMUND - Publik sepak bola Jerman dikejutkan dengan aksi Youssoufa Moukoko. Striker berusia 15 tahun itu, menjadi anak di bawah umur pertama yang bermain di Bundesliga Jerman bersama Borussia Dortmund. Sejak bulan Januari lalu, Moukoko telah berlatih bersama tim utama.

(Baca juga: Beri Salam Perpisahan, Longo Umumkan Pemecatannya sebagai Pelatih Torino)

Otoritas Liga Sepak Bola Jerman (DFL) merasa kecolongan, namun mereka tidak bisa berbuat banyak. DFL terpaksa mengubah peraturan mereka soal aturan umur. Sebelumnya, hanya pemain yang telah berusia 16 tahun yang bisa bermain di Bundesliga.

(Baca juga: Wayne Rooney Jagokan Man City Juara Liga Champions)

Nuri Sahin memegang rekor sebagai debutan termuda di Bundesliga, bermain untuk Dortmund pada usia 16 tahun, 11 bulan dan satu hari. Tetapi, sekarang rekor tersebut dikalahkan Moukoko.

"Dia memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai level tertinggi," kata Doormund Youth Coordinator Lars Ricken, dilansir Marca.

Remaja kelahiran Kamerun itu, telah berlatih bersama tim utama di pramusim, tetapi idenya adalah agar dia tetap bersama tim U-19 di musim mendatang.

Saat bermain untuk U-17, Moukoko mencetak rekor 90 gol dalam 56 pertandingan, sebelum mengikutinya dengan 34 gol dalam 20 pertandingan pertamanya untuk U-19. Pada usia 12, ia sudah melakukan debut untuk U-17 Dortmund dan Jerman U-16.

"Dia adalah bakat luar biasa, dan kami ingin dia belajar bagaimana melatih dan bermain dengan orang dewasa," kata Direktur Olahraga Borussia Dortmund Michael Zorc.

Dortmund salah satu tim Bundesliga yang paling banyak melahirkan talenta muda seperti Erling Haaland, Jadon Sancho, Giovanni Reyna, dan Jude Bellingham.
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)