Biodata dan Agama Rahman Ali, Adik Muhammad Ali yang Juga Seorang Petinju

Senin, 02 Oktober 2023 - 15:49 WIB
loading...
A A A
Pada 17 Januari 2015, Rahman merilis buku autobiografi berjudul "That's Muhammad Ali's Brother! My Life on the Undercard". Buku autobiografi itu ditulis bersama H. Ron Brashear, dan kata pengantarnya ditulis Gene Kilroy --manajer bisnis lama Muhammad Ali.

Memeluk Agama Islam


Terdapat laporan bahwa Rahman Ali menjadi seorang muslim terlebih dahulu, dan kemudian memperkenalkannya kepada Muhammad Ali.

Namun, laporan lainnya menyebutkan jika Rahman masuk Islam tidak lama setelah Muhammad Ali memeluk agama Islam sekitar tahun 1961. Sebagaimana Muhammad Ali, Rahman Ali juga bergabung dengan Nation of Islam. Nama Rahman Ali pun merupakan pemberian dari pemimpin Nation of Islam, Elijah Muhammad.

Untuk diketahui, Cassius Clay Jr. menggunakan nama Muhammad Ali tak lama setelah menyabet gelar juara dunia kelas berat pertamanya, yakni saat menghentikan Sonny Liston di ronde keenam pada 25 Februari 1964.

Rahman Ali di Masa Sekarang


Rahman Ali pada 2019 masih tinggal bersama sang istri di Louisville. Rahman Ali selalu dijadikan sumber informasi dari kehidupan mendiang Muhammad Ali. Bahkan, hal tersulit yang paling menyakitkan dalam hidup Muhammad Ali pun diketahui publik melalui Rahman Ali.

Biodata dan Agama Rahman Ali, Adik Muhammad Ali yang Juga Seorang Petinju
(Foto: Facebook Rahaman Ali)

Menukil laman alialife.com, dalam satu waktu, seorang penulis bernama Jonathan Eig pernah bertanya kepada Rahman terkait apa hal yang paling menyakitkan yang harus ditanggung Ali dalam hidupnya. Eig sempat berpikir bahwa Rahman bakal menjawab parkinson. Namun, dugaan Eig meleset, ternyata bukan itu jawaban dari Rahman.

"Bukan, hal tersulit yang pernah dialami Ali adalah perceraian dengan istri pertamanya, Sonji. The Nation of Islam membuat Ali menceraikannya. Ali tidak pernah bisa melupakannya," jelas Rahman.

Ali, yang menikahi Sonji Roi pada 1964, dipaksa untuk bercerai setahun kemudian, setelah Sonji menolak untuk mengadopsi pakaian dan budaya Nation of Islam. Bahkan, Elijah Muhammad sendiri yang memerintahkan Ali untuk menceraikannya atau menghadapi sanksi terberat.



Sementara itu, Rahman Ali sering membagikan aktivitas dan kegiatannya melalui laman Facebook miliknya dengan nama Rahaman Ali.

Biodata Singkat Rahman Ali


Nama Lahir: Rudolph Arnette Clay
Nama Lain: Rahman Ali, Rudy Clay
Tempat Lahir: Louisville, Kentucky, Amerika Serikat
Tanggal Lahir: 18 Juli 1943
Tinggi Badan: 192 cm
Kebangsaan: AS
Orang Tua: Cassius Clay Sr. (ayah), Odessa Clay (ibu)
Debut Tinju Profesional: 25 Februari 1964
Masa Karier Profesional: 1964-1972
Rekor Profesional: 14-3-1 (7KO)
Rekor Amatir: 34-4 (13KO)
Debut Amatir: 28 Januari 1955
Masa Karier Amatir: 1955-1962
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)