10 Petinju Terbaik Meksiko-Amerika yang Pernah Guncang Jagat Tinju

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 13:04 WIB
loading...
A A A
4. Ryan Garcia (21-0, 18 KO)
Garcia masih membangun resume-nya, namun hanya sedikit petarung muda yang membuat gebrakan lebih besar darinya. Petarung asal California Selatan ini memiliki banyak pengikut di media sosial, yang membuatnya menjadi bintang sebelum ia meraih banyak prestasi di dalam ring.

Namun, ia telah menunjukkan bahwa ia juga memiliki kemampuan di sana. Ia adalah petinju yang bagus dan terasah dengan kekuatan pukulan yang dapat mengakhiri pertarungan dengan cepat. Dalam pertandingan terakhirnya, pada bulan Januari, ia bangkit dari sebuah knockdown untuk menghentikan mantan juara Olimpiade Inggris, Luke Campbell, dengan sebuah pukulan ke arah tubuh pada ronde ke-7.

5. Andy Ruiz Jr (34-2, 22 KO)
Momen Ruiz terjadi pada bulan Juni 2019, saat ia mengejutkan dunia tinju dengan memukul KO Anthony Joshua dalam tujuh ronde untuk menjadi juara dunia kelas berat pertama keturunan Meksiko. Produk dari Imperial, California, kehilangan gelarnya melalui keputusan juri dalam pertarungan ulang melawan Joshua enam bulan kemudian, dengan kondisi berat badan yang sangat berlebih.

Sejak saat itu, ia bergabung dengan pelatih ternama Eddy Reynoso, berhasil menurunkan berat badannya dan tampak berdedikasi penuh pada olahraga ini di usianya yang masih muda, yaitu 31 tahun. Ia mengalahkan petinju keturunan Meksiko-Amerika, Chris Arreola, melalui kemenangan angka mutlak pada pertarungan perdananya melawan Reynoso, 1 Mei lalu, yang ia harapkan menjadi langkah awal untuk merebut kembali gelar juara dunia kelas berat.

6. Vergil Ortiz Jr (17-0, 17 KO)
Para juri masih belum memberikan penilaian terhadap Ortiz, yang baru berusia 25 tahun dan baru menjadi petinju profesional selama kurang dari lima tahun. Meski begitu, petinju asal Texas ini telah memberikan kesan yang kuat sejauh ini. Ia terus menghentikan lawan demi lawan, bahkan saat ia telah meningkatkan level lawannya, sebuah tanda yang jelas bahwa ia lebih dari sekedar bintang muda. Ia baru saja menang KO pada ronde ketujuh atas Maurice Hooker di bulan Maret, sebuah pertarungan yang seharusnya menjadi ujian yang signifikan, namun berakhir dengan kekalahan.

Ortiz belum pernah bertarung untuk memperebutkan gelar utama dalam divisi welter yang dipenuhi bintang, namun hal itu akan segera terjadi. Dan tidak ada yang akan terkejut jika - kapan? - ia akan menyandang sabuk juara di pinggangnya.

7. Daniel Roman (29-3-1, 10 KO)
Mantan juara kelas bulu junior ini mungkin merupakan petinju kedua yang paling terampil dalam daftar ini, setelah Mikey Garcia. Petarung asal Los Angeles ini tidak memiliki kekuatan KO yang istimewa, namun hal tersebut tidak menghalanginya untuk meraih kesuksesan di tingkat tinggi.

Ia kalah dalam dua dari 11 pertarungan pertamanya, namun kemudian tampil mendominasi yang berpuncak pada kemenangan angka atas T.J. Doheny untuk memenangkan gelar IBF kelas 122 pound pada tahun 2019. Ia kehilangan sabuknya dari Murodjon Akhmadaliev yang berbakat melalui keputusan terbelah (split decision) dalam pertarungan pertamanya sembilan bulan kemudian, sebuah pertarungan yang menurut sebagian orang layak ia menangkan.



8. Joseph Diaz Jr (31-1-1, 15 KO)
Juara Olimpiade AS 2012 ini membutuhkan beberapa kali percobaan untuk memenangkan gelar utama, namun akhirnya berhasil melakukannya dengan cara yang menentukan kariernya, dengan jelas mengungguli Tevin Farmer untuk merebut sabuk IBF pada bulan Januari tahun lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)