10 Petinju Juara Kelas Berat Teringan Sepanjang Masa, Ada Rocky Marciano

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 14:08 WIB
loading...
A A A
5. Floyd Patterson
Berat badan: 82,5 kilogram
Lawan Archie Moore (84,9 kg)
Tanggal 30 November 1956
Hasil KO 5
Latar belakang: Patterson adalah seorang petinju kelas berat yang bertubuh kecil pada zamannya. Ia memenangkan medali emas kelas menengah di Olimpiade 1952 dan bertarung di kelas 74,6 kg dalam debut profesionalnya. Namun, dia bisa bertarung. Petinju berusia 21 tahun ini menghadapi Moore yang sudah tua untuk memperebutkan gelar yang lowong setelah Rocky Marciano pensiun dan menghentikannya, dan dengan demikian menjadi petinju termuda yang memenangkan gelar juara kelas berat pada saat itu.



4. Ezzard Charles
Berat badan: 82,3 kilogram
Lawan Joe Walcott dari Jersey (88,5)
Tanggal 22 Juni 1949
Hasil UD
Latar belakang: Charles yang berbakat memulai karier profesionalnya sebagai petinju kelas menengah dan menjadi petarung kelas berat ringan terbaik sepanjang masa. Ia juga seorang petinju kelas berat yang hebat, seperti yang ia tunjukkan dengan memenangkan gelar melalui keputusan mutlak atas Walcott yang juga merupakan salah satu anggota Hall of Fame. Walcott akan merebutnya dari Charles kurang dari dua tahun kemudian.

3. James J. Corbett
Berat badan: 80,7 kilogram
Lawan John L. Sullivan (96,1 kg)
Tanggal 7 September 1892
Hasil KO 21
Latar belakang: Corbett memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan petinju kelas berat ringan masa kini saat ia mengalahkan legenda yang kuat dan kasar, Sullivan. "Gentleman Jim" adalah salah satu atlet pertama yang terfokus pada bagian sains dari "Sweet Science," menggunakan pikiran dan kemampuan atletisnya lebih dari sekedar kekuatan fisik untuk menjadi juara dunia divisi heavyweight.

2. Tommy Burns
Berat badan: 79,3 kilogram
Lawan Marvin Hart (87,3)
Tanggal 23 Februari 1906
Hasil Desember.
Latar belakang: Burns, yang hanya memiliki tinggi badan 170 cm, memiliki berat badan yang berada di batas divisi kelas berat ringan, yaitu 79,3 kilogram. Dan ia telah menggemukkan badannya; berat badannya hanya 73,9 kg pada laga sebelumnya. Peitnju Kanada ini menggunakan kemampuan dan pukulannya untuk mengungguli lawannya yang lebih berat dan memenangkan gelar. Ia kehilangan gelar tersebut hampir tiga tahun kemudian, saat Jack Johnson mengikutinya ke Australia dan mengungguli dirinya.

1. Bob Fitzsimmons
Berat badan: 75,7 kilogram
Lawan James J. Corbett ( 83,4 kilogram)
Tanggal 17 Maret 1897
Hasil KO 14
Latar belakang: Fitzsimmons, seorang pandai besi yang memiliki berat badan 67,1 kg pada debut profesionalnya, memiliki bahu lebar seperti seorang petinju kelas berat, namun memiliki kaki kurus seperti seorang petinju kelas welter. Hal ini menjadikannya juara kelas berat paling ringan sepanjang masa. Corbett sedang melakukan outboxing saat Fitz mendaratkan pukulan ulu hatinya yang terkenal untuk mengakhiri pertarungan, dan dengan demikian menjadi mantan juara kelas menengah pertama yang memenangkan mahkota kelas berat. Roy Jones Jr. adalah yang kedua.
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)