Manny Pacquiao Lobi IOC, Ngotot Bertarung di Olimpiade Paris 2024

Rabu, 11 Oktober 2023 - 05:55 WIB
loading...
Manny Pacquiao Lobi IOC, Ngotot Bertarung di Olimpiade Paris 2024
Manny Pacquiao Lobi IOC, Ngotot Bertarung di Olimpiade Paris 2024/Boxing Scene
A A A
Manny Pacquiao ngotot untuk bisa bertanding di Olimpiade Paris 2024 dengan mengajukan permintaan khusus kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC). Juara delapan divisi tinju dunia, Manny Pacquiao yang berusia 44 tahun akan menunggu keputusan dari Komite Olimpiade Internasional terkait keinginannya bertanding di Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Menurut Gulf Times, Filipina mengajukan "permintaan khusus" kepada IOC untuk mengizinkan Pacquiao bertinju di Olimpiade Paris meskipun bintang Filipina itu telah melampaui batas usia. Pacquiao pensiun dari dunia tinju pada tahun 2021, setelah mengalami kekalahan angka dalam dua belas ronde dari Yordenis Ugas yang masuk sebagai lawan pengganti.



Pacquiao sempat mencoba, dan akhirnya gagal, untuk mencalonkan diri sebagai presiden Filipina. Presiden Komite Olimpiade Filipina, Abraham Tolentino, mengatakan kepada AFP bahwa ia telah mengirimkan surat kepada IOC dua minggu yang lalu untuk meminta "tempat universalitas" bagi Pacquiao.

Tempat universalitas diberikan kepada atlet dari negara-negara yang berjuang untuk mendapatkan tempat di Olimpiade melalui jalur kualifikasi normal. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, ada sembilan tempat universalitas untuk tinju di Paris - lima untuk wanita dan empat untuk pria. Tempat-tempat tersebut akan dikonfirmasi pada tanggal 7 Juni. "[Pacquiao] secara fisik fit, lebih baik dari atlet lainnya," kata Tolentino kepada AFP.

Jika posisi Pacquiao sudah dipastikan, Tolentino menjelaskan bahwa hal tersebut tidak akan menggagalkan peluang petinju Filipina lainnya untuk lolos ke Olimpiade Paris. Pacquiao, satu-satunya petinju dalam sejarah tinju yang berhasil meraih gelar juara dunia di delapan kelas, selalu bermimpi untuk meraih medali emas di Olimpiade.

Pacquiao baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia pernah mencoba beberapa tahun yang lalu, sebagai petinju amatir muda, untuk bergabung dengan skuad petinju yang mewakili Filipina di Olimpiade. Para pelatih amatir merasa Pacquiao belum cukup baik,
Pada tahun 2024, Pacquiao dijadwalkan untuk ambil bagian dalam setidaknya dua pertarungan ekshibisi.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)